FeaturedLensa NusantaraPariwisata & Budaya

Kirab Bedhol Pusaka Akan Awali Peringatan Bulan Bung Karno 

Screenshot_2024-06-16-16-20-23-29_c37d74246d9c81aa0bb824b57eaf7062

Blitar – Pemkot Blitar sedang mempersiapkan sejumlah kegiatan untuk memperingati Bulan Bung Karno pada Juni 2024 mendatang.

Sejumlah kegiatan yang akan dilaksanakan untuk memperingati Bulan Bung Karno di Kota Blitar antara lain Pawai Lentera, Grebeg Pancasila, Kirab Gunungan Lima, dan Haul Bung Karno.

IMG-20240425-WA0040

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Blitar, Edy Wasono mengatakan, peringatan Bulan Bung Karno dimulai pada 31 Mei 2024 sampai akhir Juni 2024.

Peringatan Bulan Bung Karno diawali dengan acara kirab bedhol pusaka, pawai lentera, macapatan, dan tirakatan pada 31 Mei 2024 malam.

Selanjutnya, pada 1 Juni 2024 akan dilaksanakan upacara Grebeg Pancasila di Alun-alun Kota Blitar.

iklan dalam

Setelah upacara Grebeg Pancasila, digelar kirab Gunungan Lima dari Alun-alun Kota Blitar menuju Makan Bung Karno.

“Kegiatan intinya hampir sama dengan peringatan Bulan Bung Karno di tahun-tahun sebelumnya. Peringatan Bulan Bung Karno ini rutin kami gelar tiap tahun untuk memperingati Hari Lahir Pancasila, hari lahir Bung Karno, dan Haul Bung Karno di bulan Juni,” jelas Edy, Kamis (23/5/2024).

Namun, kata Edy, Disbudpar Kota Blitar menambahkan beberapa inovasi maupun kreasi dalam peringatan Bulan Bung Karno 2024.

Salah satunya, Disbudpar Kota Blitar menggandeng tokoh masyarakat, Ketua RT, Ketua RW, dan LPMK untuk berkolaborasi dengan lintas agama untuk mengikuti upacara Grebeg Pancasila dan Kirab Gunungan Lima.

“Kolaborasi ini sebagai bentuk pengamalan sila-sila Pancasila, antara lain soal toleransi dan saling menghormati sesama umat beragama,” ujarnya.

Selanjutnya, di acara kirab bedhol pusaka juga akan ditambahkan musik tradisional. Musik tradisional akan mengiringi kirab bedhol pusaka mulai dari Rumah Dinas Wali Kota Blitar hingga Kantor Wali Kota Blitar.

“Persiapan pelaksanaan peringatan Bulan Bung Karno sudah hampir 100 persen. Nanti juga akan ada pengarahan dari Wali Kota sebelum pelaksanaan kegiatan,” tutupnya.

IMG-20240429-WA0000

Related posts

PLT Kepala Disparpora : Pembukan Ijen Geopark Run Exhibition Tampilkan Singo Ulung Untuk Kenalkan Khasanah Budaya Tarian

Redaksi Tapalkuda

Mengenal Lebih Dekat Dengan Komjen Listyo Sigit: Alumni Yang Peduli Guru dan Sekolahnya

Lombok Utara Kembali Diguncang Gempa 7,0 SR, Berpotensi Tsunami,Terasa Hingga ke Jawa

error: Content is protected !! silahkan di menghubungi admin jika ingin copy conten ini ... terima kasih