page contents
10 Juli 2020
tapalkudapost.com
Featured Lensa Nusantara Pertanian

Manfaatkan Nilai Tambah Embung, Poktan Sumber Jaya VIII Tebar Ribuan Benih Ikan Nila

Bondowoso, Ketua Kelompok Tani (Poktan) Sumber Jaya VIII ,Desa Pakuniran Maesan memanfaatkan nilai tambah embung dengan menebar benih ikan nila sebanyak 1.500 ekor bantuan dari  DKPP,Jum’at 19/06/2020.

Tampak  dalam giat tebar benih tersebut, Sunawi selaku ketua kelompok tani  didampingi  Samsaimun SP selaku Koordinator BPP Congkrong  sekaligus sebagai pembinanya.

Samsaimun mengatakan,”Kita ingin menunjukkan bukti  bahwa kami bekerja, bahwa embung bermanfaat, tidak kami pungkiri memang di internal kelompok ada sedikit kesalahpahaman diantara mereka, kami selaku pembina bertanggung jawab untuk mengarahkan yang lebih baik,”ungkapnya.

Sunawi Saat tebar benih ikan nila, di dampingi Koordinator BPP Congkrong
Sunawi Saat tebar benih ikan nila, di dampingi Koordinator BPP Congkrong
Ikalan Didalam

Dikatakan ,masyarakat yang menilai, dan merasakan kemanfaatan sisi lain dari embung  tersebut.

“Embung ini milik mereka sendri, silahkan dimanfaatkan semaksimal mungkin nilai tambahnya, apa mau ditebarkan ikan konsumsi, atau dimanfaatkan sebagai kolam pancing disamping penyangga air sebagai fungsi utamanya,” pungkasnya.

Dijelaskan embung yang utamanya adalah untuk memenuhi kebutuhan air dan meningkatkan volume hasil pertanian selain itu bila kemarau, masyarakat pun bisa menggunakan embung sebagai sumber air.

Embung juga bisa digunakan untuk budidaya perikanan dan ekowisata. Maka dari itu pihaknya menebarkan benih ikan nila sebagai nilai tambah.

IklanPost

Related posts

Kode Suap Para Koruptor,Bikin Tepuk Jidat

Tapalkudapost

HALAL BI HALAL AKBAR IDUL FITRIH 1439 H TRAH BESUKI

Tapalkudapost

Jalin Sinergitas, Kodim 0823, Polres dan Perbakin Situbondo Latihan Tembak Bareng

Tapalkudapost