page contents
11 Agustus 2020
tapalkudapost.com
Featured Lensa Nusantara Peristiwa

Gempa Magnitudo 6,1 Jepara , Guncang Wilayah Sekitar

JAKARTA – Gempa bumi magnitudo 6,1 mengguncang wilayah Jepara, Jawa Tengah, pada Selasa (7/7/2020) sekira pukul 05.54 WIB. Pusat gempa tepatnya berada di laut 53 Kilometer Barat Laut Jepara. Namun, getarannya dirasakan sejumlah daerah.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono memaparkan, guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Karangkates, Nganjuk, Yogyakarta, Purworejo, Kuta dan Mataram III MMI. Di daerah tersebut gempa dirasakan nyata dalam rumah seperti ada truk sedang berlalu.

Kemudian, daerah Denpasar, Malang, Lumajang, Tulungagung, Blitar, Ponorogo, Pacitan, Surabaya, Wonogiri dan Kebumen II-III MMI. Lalu, Banjarnegara, Pangandaran, Karangasem, Lombok Barat , Garut, Boyolali, Krui, Sekincau, Semaka, Pekalongan, Banyumas, wonosobo, Magelang, Purbalingga dan Gianyar II MMI, dan getaran dirasakan oleh beberapa orang, serta benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” ujarnya melalui siaran pers.

Ikalan Didalam

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 5,77 LS dan 110,64 BT , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 85 km arah Utara Mlonggo, Jepara, Jawa Tengah pada kedalaman 539 km.

Pihaknya mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Kemudian, agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” tuturnya.

IklanPost

Related posts

Rayakan Harjabo ,Ribuan Warga Grebek 258 Gunungan Hasil Bumi

Tapalkudapost

Jelang Panen Raya Diperlukan Monitoring Secara Intensif

Tapalkudapost

PEMBUATAN BAK MANDI DAN JAMBAN UNTUK WARGA SUDAH SIAP PAKAI

Tapalkudapost