Beranda Kesehatan Bupati Resmikan Rumah Bersalin Bantuan Jepang

Bupati Resmikan Rumah Bersalin Bantuan Jepang

Situbondo – Kabar gembira kini tengah dialami oleh segenap lapisan masyarakat di Kecamatan Sumbermalang, Situbondo, Jawa Timur.

Pasalnya, kini warga masyarakat lokal di Kecamatan tersebut tidak perlu bersusah payah lagi untuk membawa anggota keluarganya yang hamil ataupun melahirkan ke RSUD di Situbondo kota.

Terhitung sejak pagi tadi, warga sudah bisa memanfaatkan keberadaan rumah bersalin yang telah dibangun/didirikan serta diresmikan oleh Bupati Situbondo, H. Dadang Wigiarto,SH.

Loading...

Hadir juga dalam peresmian rumah bersalin tersebut yakni seluruh kepala puskesmas se Situbondo, perwakilan Kepala Dinas Kesehatan tokoh masyarakat beserta sejumlah kepala desa.

Berdasarkan informasi, berdirinya rumah bersalin tersebut adalah merupakan bantuan negara Jepang melalui program hibah grassroot yang dilengkapi juga dengan sarana pra sarana rumah bersalin itu.

Selain itu, pemerintah Jepang juga mendanai kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan penguatan kapasitas kelembagaan posyandu, pendampingan, dan pelatihan kader posyandu/ibu hamil, pemberian paket PMT penyuluhan.

loading...

Adapun jumlah penerima manfaat proyek di Desa Telogo Sari dan 2 desa pengembangan yakni desa Baderan dan Kalirejo sebanyak 634 balita, 71 ibu hamil, dan 69 kader posyandu. Dan nilai nominal bantuan itu seluruhnya sekitar Rp 1.336.219.300.

Menurut Kepala Puskesmas Sumber malang, Hari Santoso, S,Kep Ners menyatakan bahwa, keberadaan Rumah Bersalin itu merupakan bentuk upaya dan ikhtiar Puskesmas Sumbermalang dan Dinas Kesehatan dalam mewujudkan indikator kinerja utama bidang kesehatan yakni menurunkan angka kematian ibu hamil, menurunkan angka kematian bayi, menurunkan prevalensi gizi buruk, meningkatkan indeks kepuasan masyarakat melalui pembangunan rumah bersalin di Sumber malang.

“Pembangunan rumah bersalin di puskesmas Sumber malang ini sudah memenuhi standard layanan puskesmas mampu memberikan pelayanan obstetry Neonatal Emergency Dasar (PONED) yang nantinya akan juga berikan pelayanan one stop service sesuai kompetensi puskesmas,” ujarnya, Rabu, (31/7/2019).  

Dalam acara tersebut juga dihadiri konsulat jendral (konjen) Jepang, Mr. Mashakitani, dan LSM PSPSDM yang menggagas berdirinya rumah bersalin itu. (ans)