page contents
10 Juli 2020
tapalkudapost.com
Featured Lensa Nusantara Peristiwa

Ombak 3 Meter Terjang Puluhan Rumah Nelayan di Pesisir Pandean Wonorejo

 

Situbondo – Angin laut yang kecang siang tadi, Kamis (4/6) telah mengakibatkan ombak setinggi 2 samapi 3 meter menerjang puluhan rumah disepanjang pantai Dusun Pandean Desa Wonorejo Kecamatan Banyuputih Kabupaten Situbondo Jawa Timur.

Di desa yang berbatasan dengan Kabupaten Banyuwangi jawa timur, itu sedikitnya ada puluhan rumah tergenang air laut setinggi 40 hingga 50 cm, selain rumah yang tergenang, dua rumah warga di RT 26 Dusun Pandean Desa Wonorejo rusak berat akibat terjangan ombak kamis siang 4 juni 2020.

Dalam peristiwa tersebut Salim ( 45 ) warga setempat menyampaikan kepada sejumlah awak media bahwa akibat ombak yeng pemukiman warga yang berdekatan dengan bibir pantai dua rumah rusak berat, namun dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa.

” Alhamdulillah kendatipun ada rumah yang rusak berat dan puluhan tergenang setinggi lutut dewasa tidak ada korban jiwa, dari luka luka ringin maupun berat, kalo kerugian material lumayan banyak akibat terjangan ombak “, terangnya.

Upaya masyarakat secara gotong royong hingga sore inj masih gotong royang membuat pengkis air, karena mengantisipasi adanya ombok susul di esok hari,

“Ini masyarakat bersama sama membuat penangkis ombak, karena dimungkinkan besok akan terjadi ombak susulan, bila hal itu betul terjadi maka akan lebih besar dari hari ini, oleh karena kami masyarkat pesisir bersama sama membuat pemecah ombak menggunakan pasir yang di bungkus sak “, tutur Salim yang juga nelayan di pelabuhan Pandean.

Lebih lanjut disampaikan Salim, ombak yang menerjang pemukiman warga tersebut untungnya terjadi pada siang hari, andai hal tersebut terjadi malam hari tidak dapat terbayangkan akibatnya,

“Kalo terjadi malam hari tidak tahu mas gimana masyarakat pesisir, untuk besok secara hitungan jawa dimungkinkan akan terjadi siang hari serta dimungkinkan akan lebih besar dibandingkan hari ini ” , tambahnya, Kamis, (04/06/2020). (ans)

IklanPost

Related posts

Dapur dan Gudang Pupuk di Banyuputih Terbakar

Tapalkudapost

Polgab Evakuasi Korban Tengelam di Pelabuhan Kalbut

Tapalkudapost

Dugaan Koprusi DHBCT, Mantan Kadisnakertrans Situbondo Dituntut 1, 9 Tahun Penjara

Tapalkudapost