FeaturedPariwisata & Budaya

Ojung Meriahkan Selamatan Desa Tepos Banyuglugur Situbondo

Screenshot_2024-06-16-16-20-23-29_c37d74246d9c81aa0bb824b57eaf7062
 SITUBONDO – Dari sekian negara yang ada di dunia, Indonesia adalah salah satu negara yang kaya akan seni dan budaya. Salah satu diantaranya ialah seni budaya ” OJUNG”. Seni Budaya Ojung ini dimainkan oleh manusia sebagai lelakonnya, dengan senjata memakai rotan sepanjang 1,5 meter.
Agar semarak dan meriah, pertujukan seni Ojung ini ditampilkan dalam pesta rakyat selametan Desa Tepos Kecamatan Banyuglugur Kabupaten Situbondo.(3/5/18)

Acara seni Ojung ini dihadiri oleh banyak penonton, baik dari Desa setempat dan juga dari Desa Tetangga, bahkan yang hadir ada yang jauh dari luar desa lain kecamatan.  

Menurut Ali Kades Desa Tepos menuturkan, bahwa ,” Seni bela diri ojung ini merupakan seni budaya yang ditampilkan setiap tahun untuk memeriahkan acara selamatan Desa untuk menghibur rakyat,” jelasnya.
iklan dalam

Sedangkan menurut Sutar Laksono tokoh masyarakat di Desa Tepos menuturkan bahwa pesta rakyat di selametan Desa Tepos, tanpa adanya tampilan seni bela diri Ojung kurang meriah dan menarik.

“Karena dengan menampilkan seni bela diri Ojung sebagai budaya Indonesia, akan banyak menarik penonton dan pestapun jadi meriah. Dan seni bela diri Ojung ini harus dilestarikan oleh para generasi bangsa ini, karena merupakan seni budaya asli Indonesia yang tidak dimiliki oleh bangsa lainnya,” ungkapnya (rif/res-rabi)

 

IMG-20240425-WA0040

IMG-20240429-WA0000

Related posts

Forkopimda Situbondo Bagikan Ribuan Masker

Carut Marut Penataan ASN Tahun 2023 Jadi Salah Satu Indikator Turunya MCP KPK

Mengenal Lebih Dekat Achmad Fauzi Wongsojudo

error: Content is protected !! silahkan di menghubungi admin jika ingin copy conten ini ... terima kasih