FeaturedKesehatanPolitik & Pemerintahan

BLUD, Langkah Strategis Pemkab Bondowoso Tingkatkan Kualitas Layanan Kesehatan

Screenshot_2024-06-16-16-20-23-29_c37d74246d9c81aa0bb824b57eaf7062

Bondowoso – Pj. Bupati Bondowoso, Bambang Soekwanto,membuka acara sosialisasi percepatan penerapan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) pada UPTD Puskesmas dan Labkesda di Kabupaten Bondowoso.

Acara yang dilaksanakan di Pendopo Raden Bagus Asra ini merupakan langkah strategis dalam meningkatkan kualitas layanan kesehatan di daerah tersebut.

IMG-20240425-WA0040

Bambang menekankan pentingnya peran Puskesmas sebagai fasilitas kesehatan tingkat pertama dalam pembangunan kesehatan masyarakat.

iklan dalam

“Puskesmas adalah ujung tombak pelayanan kesehatan, oleh karena itu, mereka membutuhkan dukungan yang optimal dalam hal akses, sarana, prasarana, serta sumber daya manusia yang memadai,” ungkapnya.

Peningkatan kualitas layanan kesehatan ini, kata Bambang harus didukung oleh pengelolaan sumber daya yang optimal, anggaran yang cukup, komitmen yang kuat, serta kapasitas pembinaan dari pemerintah. Salah satu langkah konkret yang diambil adalah penerapan BLUD di Puskesmas dan Labkesda.

Dikatakan bahwa BLUD memberikan fleksibilitas dalam pengelolaan keuangan sehingga Puskesmas dapat meningkatkan pelayanan dengan praktik bisnis yang sehat.

“Kami berkomitmen untuk mewujudkan pelayanan kesehatan primer yang komprehensif dan berkualitas. Sesuai dengan indikator kinerja kegiatan (IKK) yang diatur dalam Permenkes No. 13 Tahun 2022, salah satu targetnya adalah 90% Puskesmas harus menerapkan BLUD pada tahun 2024,” paparnya.

Menurutnya ,dalam konteks nasional, penerapan BLUD di Puskesmas masih relatif rendah, dengan angka 43,9% pada tahun 2022 dan 53,8% pada tahun 2023. Di Jawa Timur, capaian pada tahun 2023 sudah mencapai 80%, namun Kabupaten Bondowoso belum mencapai target ini dengan 0% Puskesmas BLUD dari 25 Puskesmas dan 1 Labkesda yang ada.

“Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Bondowoso berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan kesehatan melalui penerapan BLUD di seluruh Puskesmas dan Labkesda. Kami akan terus meningkatkan kapasitas dan kompetensi para stakeholder agar proses penerapan ini bisa berjalan cepat dan efektif,” pungkasnya.

IMG-20240429-WA0000

Related posts

Gempa Susulan Terus Guncang Lombok, Info Terbaru Sudah 43 Kali

PLENGSENGAN TANPA HENTI, TMMD REG KE 106 KODIM 0818 MALANG-BATU DI DONOMULYO

Pamatwil Polda Jatim Pantau Kesiapsiagaan Polres Situbondo Untuk Pengamanan Long Week End

error: Content is protected !! silahkan di menghubungi admin jika ingin copy conten ini ... terima kasih