Untuk Mengetahui Integritas dan Profesionalitas Calon Anggota PPK ,KPU Bondowoso  Lakukan Panel Interview Hari Pertama

BONDOWOSO – Dari perengkingan hasil tes tertulis seleksi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilu 2024, KPU Kabupaten  Bondowoso memutuskan sebanyak 238 peserta dengan jumlah 175 laki- laki dan 63 perpuan  yang tersebar di 23  kecamatan berhak untuk mengikuti seleksi wawancara 11 hingga 13 Desember , untuk hari pertama dilaksanakan ,Minggu 11/12/2022 di Grend Padis Hotel.

Adapun proses pelaksanaan tes wawancara ini dibagi dalam 3 sesi dalam satu harinya, berikut datanya:

Untuk hari pertama  adalah
Kecamatan  Cremee dan Botolinggo dari pukul 09.00 sampai pukul 12.00 WIB

Sementara untuk kecamatan Tapen, Klabang dan Prajekan dari pukul 13.00 sampai pukul 16.00 WIB.

Sedangkan  untuk kecamatan Bondowoso dan Wonosari dari pukul 18.30 hingga  pukul 21.30 WIB

Ketua KPU Bondowoso Junaedi mengatakan bahwa ,seleksi wawancara dilakukan untuk mengetahui integritas dan profesionalitas calon anggota PPK. Termasuk untuk memastikan tidak ada peserta yang berafiliasi dengan partai politik tertentu.

“Dalam seleksi ini, satu peserta akan mengikuti wawancara selama 30 menit seputar kepemiluan, ” ungkapnya diawal persiapan tes wawancara.

Tes wawancara ini merupakan tes terakhir dalam seleksi anggota PPK Pemilu 2024.

“KPU Bondowoso menyelenggarakan tes wawancara ini,karena mereka berhak mengikuti tes tahap akhir setelah dinyatakan lulus dalam tes tertulis berbasis computer assisted tes (CAT) di SMK N 1 Bondowoso beberapa waktu lalu,”jelasnya.

Karena menurut Junaedi tes wawancara ini pastinya juga menjadi poin penting bagi calon anggota PPK Bondowoso dalam mewujudkan Asas pemilihan umum Indonesia yang diatur dalam pasal 2 UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

“Pemilu dilaksanakan berdasarkan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil”, demikian bunyi pasal tersebut.

Asas-asas pemilu tersebut sering disingkat “Luber” dan “Jurdil,”tegasnya.

Sementara itu Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM KPU Kabupaten Bondowoso, Sunfi Fahlawati menyampaikan ,bekal yang harus disiapkan peserta saat interview adalah kesiapan diri, mentall, dan pengetahuan. Ketiga hal tersebut harus dimiliki  anggota Ad Hoc Pemilihan Umum serentak 2024.

Sementara itu Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM KPU Kabupaten Bondowoso, Sunfi Fahlawati menyampaikan bahwa seorang PPK harus memiliki  Pengetahuan Kebangsaan, Kompetensi Dasar terdiri dari Kepemimpinan integritas, kemandirian, penalaran analitis, penalaran logis.

“Selain itu uga berkaitan dengan materi Pengetahuan Kepemiluan yang mana sub materi ini harus dikuasai , maka kami menegaskan jika tes wawancara dilakukan secara panel interview atau wawancara panel guna memastikan bahwa KPU Bondowoso tidak asal Comot PPK untuk pemilu 2024 ,”pungkasnya.

Dijelaskan bahwa dalam wawancara panel, satu pelamar akan dipertemukan  pihak perekrut dalam hal ini tentu Komisoner KPU Bondowoso.

“Tes wawancaranya secara panel. Jadi , peserta akan dipanggil satu persatu dan kemudian kami (komisoner KPU  Bondowoso-red) akan bertanya satu persatu,” pungkasnya.

Related posts

Ini  Kata Ahmad Dhafir ,Figur Calon Wakil Bupati yang Akan Diusung Koalisi PKB Dampingi Abd. Hamid Wahid

Abd. Hamid Wahid Sah Kantongi Rekom PKB Maju Bacabup Bondowoso 2024-2029 ini Kata Ahmad Dhafir

Pengusaha Wajib Membuat LKPM