FeaturedLensa Nusantara

TNI AL Banyuwangi Tenggelamkan Tiga Kapal Di Perairan Selat Bali 

Screenshot_2024-06-16-16-20-23-29_c37d74246d9c81aa0bb824b57eaf7062

Banyuwangi –  Tiga kapal di tenggelamkan oleh Lanal Banyuwangi di kawasan Pantai Bangsring yang berada di perairan Selat Bali, Kamis (25/1/2024).

Kapal yang ditenggelamkan diantaranya, KAL Tabuhan, Patkamla Baluran dan Patkamla Mustaka. Ketiganya kapal tersebut sebelumnya bertugas sebagai satuan keamanan laut terbatas.

Salinan dari Salinan dari Salinan dari Black Modern Music News Headline Instagram Post_20231029_070314_0000

Ketiga unit kapal milik TNI Angkatan Laut (AL) tersebut, ditenggelamkan karena sudah tidak layak pakai dan usianya sudah tua. Sehingga sudah tidak efektif untuk mendukung operasional Lanal Banyuwangi.

Proses penenggelaman disaksikan langsung oleh Paban II Mat Slogal Kolonel Laut (T) Achmad Riza, Danlanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Indra Nusha Raspati beserta jajarannya.

Paban II Mat Slogal Kolonel Laut (T) Achmad Riza menjelaskan, penenggelaman kapal ini merupakan bagian dari program TNI AL untuk menghapuskan alat utama sistem pertahanan (alutsista) yang usianya sudah lama dan tidak efektif lagi dalam mendukung operasi keamanan.

iklan dalam

“Kapal yang dihapuskan ini berbahan viber, dan rata-rata berusia diatas 20 tahun,” kata Riza.

Menurut Riza, alutsista berbahan viber ini rentan karena mudah lapuk. Oleh sebab itu, lanjut dia, TNI AL sedang berencana merevitalisasi dan memordenisasi peralatan, termasuk kapal untuk dijadikan lebih baik lagi.

“Nanti kita siapkan KAL atau Patkamla yang berbahan aluminium. Sehingga masa pakainya diharapkan bisa lebih lama untuk memperkuat patroli-patroli keamanan kita,” jelasnya.

Riza menambahkan, kapal baru jenis RBB dan RIB sudah disiapkan untuk menggantikan tiga kapal yang ditenggelamkan. Dua diantaranya sudah dioperasikan untuk memperkuat peralatan pengamanan Lanal Banyuwangi

“Yang belum datang yakni KAL Sembulungan. Sekarang masih proses finishing, jika sudah siap akan segera didistribusikan ke Lanal Banyuwangi,” sambungnya.

Dia menyebut, peran ketiga KAL tersebut berperan besar dalam rangka pengamanan
wilayah sekitar perairan Selat Bali.

“Termasuk dalam mengatasi kecelakaan laut dan mencegah terjadinya tindak kriminalitas yang melewati jalur laut,” tandasnya. (mam)

Salinan dari Salinan dari Salinan dari Salinan dari Black Modern Music News Headline Instagram Post_20231029_082045_0000

Related posts

Bravo Yonif Raider 514 Terima Penghargaan dari Pangdivif 2 Kostrad

KPK Sita Aset Kepala Dinas PUPR Tulungagung

Rumah di Jalan Anggrek Situbondo Terbakar, 3 Unit dan 4 Unit Motor Ludes

error: Content is protected !! silahkan di menghubungi admin jika ingin copy conten ini ... terima kasih