FeaturedLensa Nusantara

Begini Cara Bersihkan Raepala Kambing Sebelum Dimasak

Screenshot_2024-06-16-16-20-23-29_c37d74246d9c81aa0bb824b57eaf7062

Tips – Ketika Idul Adha tiba, masyarakat bersuka cita menantikan distribusi daging kurban. Salah satu bagian hewan kurban yang banyak diminati adalah kepala kambing.

Kepala kambing dapat diolah menjadi hidangan lezat seperti tongseng atau rica-rica kepala kambing. Namun, proses membersihkan kepala kambing cukup rumit, sehingga banyak orang lebih memilih membakarnya terlebih dahulu.

IMG-20240425-WA0040

Sayangnya, membakar kepala kambing seringkali tidak memberikan hasil yang optimal dan sering membuatnya berbau gosong.

Oleh karena itu, seorang pengguna YouTube bernama AyahSuka Masak membagikan metode alternatif untuk membersihkan kepala kambing. Dirangkum pada Jumat (31/05/2024), berikut adalah langkah-langkah yang perlu diperhatikan dalam membersihkan kepala kambing.

Telinga Kambing

Tidak Usah Dibakar, Begini Cara Bersihkan Rambut Kepala Kambing Sebelum Dimasak (YouTube/AyahSuka Masak)

Langkah pertama dalam membersihkan kepala kambing adalah menangani telinganya. Awali dengan merebus air dalam panci berukuran cukup besar hingga airnya mendidih. Setelah air mendidih, masukkan salah satu telinga kambing ke dalam air rebusan tersebut selama dua menit.

Setelah dua menit berlalu, gunakan sendok makan yang tipis untuk mengerok bagian luar dan dalam telinga kambing hingga semua bulunya terlepas. Ulangi proses ini untuk telinga yang satunya.

Moncong Kambing

Tidak Usah Dibakar, Begini Cara Bersihkan Rambut Kepala Kambing Sebelum Dimasak (YouTube/AyahSuka Masak)

Seluruh bagian mulut dan hidung kambing termasuk dalam area moncong. Membersihkan moncong kambing tidak rumit, caranya adalah dengan merendamnya dalam air panas mendidih, kemudian mengikisnya dengan sendok makan sampai bersih.Top of Form

Bagian Belakang Kepala Kambing

Tidak Usah Dibakar, Begini Cara Bersihkan Rambut Kepala Kambing Sebelum Dimasak (YouTube/AyahSuka Masak)

Bagian dahi hingga ke belakang kepala kambing, selain moncongnya, juga perlu dibersihkan. Tanduk tidak termasuk bagian belakang kambing. Prosedurnya serupa, yaitu direbus selama satu menit kemudian dikerok menggunakan sendok.

Tanduk Kambing

Tidak Usah Dibakar, Begini Cara Bersihkan Rambut Kepala Kambing Sebelum Dimasak (YouTube/AyahSuka Masak)

Cara melepas tanduk kambing hampir serupa dengan teknik yang sudah diuraikan sebelumnya. Namun, setelah direndam dalam air panas, tanduk kambing akan dipisahkan menggunakan pisau dengan cara dipukulkan. Hasilnya, kepala kambing akan terbebas dari rambut dan tanduk, sehingga siap untuk tahap berikutnya dalam proses.

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Kepala Kambing

iklan dalam

Berapa Lama Merebus Kepala Kambing?

Panggang kepala kambing hingga rambutnya gosong, lalu bersihkan dengan menyikat dan membilasnya. Setelah itu, rebus selama setengah jam, kemudian tiriskan dan buang air rebusannya.

Apakah Kepala Kambing Ada Dagingnya?

Kebanyakan orang jarang memasak bagian daging tertentu, yakni kepala kambing. Dalam beberapa negara, hidangan yang melibatkan kepala kambing utuh masih dianggap jarang bahkan ekstrem. Tetapi di Indonesia, kepala kambing sering disajikan dalam bentuk panggang dan dimasak menjadi rica-rica.

Kenapa Kepala Kambing Dibakar?

Maseru Metro melaporkan bahwa sebaiknya kepala kambing dipanggang terlebih dahulu sebelum dimasak dengan berbagai rempah. Penggunaan api akan mempermudah proses penghilangan bulu di kepala kambing hingga bersih.

Apakah Kepala Kambing Enak Dimakan?

Bagi warga Indonesia, kepala kambing bisa diolah menjadi beragam hidangan lezat seperti gulai, rendang, sup, dan sate.

Apakah Kolesterol Boleh Makan Daging Kambing?

Kolesterol dalam daging kambing memiliki tingkat yang lebih rendah dibandingkan dengan daging sapi. Selain itu, daging ayam memiliki kadar kolesterol yang lebih tinggi daripada daging kambing.

IMG-20240429-WA0000

Related posts

Didampingi Bupati Bondowoso Wakasad Resmikan Sekolah Filial

Bupati Situbondo Siap Tindaklanjuti Usulan Terkait Kouta PPPK Untuk Guru PAI

MUSRENBANG DESA LANGKAH NYATA MENUJU KETAHANAN DAN PERTAHANAN WILAYAH YANG TANGGUH

error: Content is protected !! silahkan di menghubungi admin jika ingin copy conten ini ... terima kasih