KH Ma'ruf Amin : Pondok Pesantren Mempunyai Peran Penting dalam Melanjutkan Perjuangan Ulama

Bondowoso – Pondok Pesantren (PP) di Indonesia memiliki peran yang sangat penting untuk melanjutkan perjuangan para ulama dalam membebaskan manusia dari kondisi sosial yang jahiliyah menuju cahaya iman dan Islam
Hal terseb
ut disampaikan KH Ma’ruf Amin, Calon Wakil Presiden RI saat silaturrahmi ke Pondok Pesantren Manbaul Ulum Tangsil Wetan Kecamatan Wonosaei pimpinan KH Salwa Arifin yang juga menjabat sebagai Bupati Bondowoso Jawa Timur ,Selasa,30 Oktober 2018.
KH Ma’ruf Amin juga menyampaaikan Jahiliyah selalu kembali, datang dan pergi. Kalau jahiliyah datang, Allah mengirimkan Nabi, diantaranya Nabi Nuh, Musa, Isa dan terakhir Nabi Muhammad SAW, dan pengganti Nabi adalah para ulama,
” Pondok pesantren merupakan wadah untuk melahirkan kader ulama yang akan melanjutkan perjuangan ulama dimasa yang akan datang,”ungkap kyai yang menjadi calon wakil presiden Joko Widodo ini.
Tdak perlu dihawatirkan untuk masa-masa yang akan datang agama Islam akan hilang jika pondok pesantren masih tetap eksis di Indonesia.
“Pondok pesantren harus terus dikembangkan, bahkan perlu ada undang-undang tentang pondok pesantren, agar keberadaannya dilindungi dan memiliki kedudukan hukum yang kuat,” terang Mustasyar PBNU ini .
Ulama tidak selamanya hidup, oleh karenanya perlu ada kaderisasi, melalui upaya-upaya dengan menyiapkan orang-orang yang paham agama islam, ya melalui pondok pesantren, ,” Minimal ada Dirjen bahkan juga ada kementerian urusan pondok pesantren pesantren,”‘ imbuh KH Ma”ruf yang merupakan Cicit ke-enam Syekh Nawawi al-Banteni pengarang beberapa kitab yang menjadi referensi pondok pesantren se-nusantara ini.
Sementara itu, pengasuh Pondok Pesantren Manbaul Ulum, KH Salwa Arifin, bersyukur dan berterima kasih atas kehadiran tokoh besar seperti KH Ma’ruf Amin.
” Saya berharap kehadiran cicit Syekh Nawawi ini membawa barokah, khususnya kepada Pesantren Mambaul Ulum,” harap putra kyai karismatik KH Togo Ambarsari ini.
Kedepan KH Salwa yang juga Bupati Bondowoso ini bertekad mengembangkan Pondok Pesantren di Bondowoso termasuk Pondok Pesantren yang selama ini dipimpinnya.
“Kami mengharapkan arahan dan bimbingan untuk kemajuan pondok pesantren Manbaul Ulum,” pungkasnya.(tim IT Bara Baja Bondowoso)

Related posts

Tindaklanjuti Rekomendasi KASN  Pemkab Bondowoso Tata Ulang Ratusan ASN

Jaga Stabilitas Produksi Pangan,PJ Bupati Bondowoso Naik Red R4 Coba Olah Lahan Ketela Pohon

PJ Sekda Tegaskan ,Jika Anggaran Sesuai Regulasi Pasti Dieksekusi