FeaturedLensa NusantaraPendidikan

Wabup :Pramuka Harus Jadi Garda Terdepan NKRI

Screenshot_2024-04-05-09-17-02-02_99c04817c0de5652397fc8b56c3b3817

Bondowoso – Wakil Bupati Bondowoso H.Irwan Bachtiar Rahmat pada Rabu (14/08/2019) bertindak sebagai Inspektur Upacara, dalam Apel Besar Hari Pramuka ke 58, di Alun-alun RBA Kironggo .

Peringatan hari Pramuka ke-58 tahun ini mengambil tema Bersama Segenap Komponen Bangsa, Gerakan Pramuka Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI. Selain tema tersebut, pada peringatan Hari Pramuka tahun ini, juga dikampanyekan Gerakan Pramuka Peduli Lingkungan, Berkomitmen Untuk Mengurangi Sampah Plastik.

6728ecd88ab74cb1b023609657811a20
IMG-20240425-WA0040

Wabup selaku Ketua Kwartir Cabang (Kakwarcab) Pramuka Bondowoso, dalam sambutannya berharap, di usia ke-58, Gerakan Pramuka menjadi semakin dewasa dan sukses dalam menjalankan amanat negara, dalam membina dan mendidik kaum muda menjadi insan yang beraklaq mulia, berpengetahuan, berbudi luhur dan mempunyai keterampilan.

“Anggota pramuka yang tersebar di seluruh pelosok Kabupaten Bondowoso merupakan garda terdepan sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa. Pendidikan kepramukaan yang menndasarkan pada satya dan darma pramuka, harus benar-benar tertanam dalam hati setiap insan pramuka, sebagai pedoman bersikap dan berperilaku,” tuturnya.

iklan dalam

Lebih lanjut Wabup berpesan bahwa Gerakan Pramuka merupakan suatu sistem pendidikan non formal yang membantu melengkapi pendidikan formal.

“Gerakan pramuka adalah wahana untuk membentuk watak, karakter dan kepribadian nasional bagi generasi muda. Gerakan pramuka adalah tempat menempa keterampilan dan pengetahan, memupuk jiwa disiplin dan membina semangat kebersamaan bagi para anggotanya untuk mencapai kedewasaan,” tegasnya.

Wabup juga menyampaikan bahwa saat ini, kerusakan dan pencemaran lingkungan, merupakan kelalaian bersama. Permasalahan yang sekarang perlu penanganan lebih serius yaitu berkaitan dengan sampah.

Menurut Bupati, Pengelolaan sampah secara umum masih belum sesuai dengan metode dan teknik pengelolaan yang berwawasan lingkungan.

“Sampah telah menjadi permasalahan nasional, sehingga pengelolaannya perlu dilakukan secara komprehensif dan terpadu, dari hulu hingga hilir, agar memberikan manfaat secara ekonomi, sehat bagi masyarakat, dan aman bagi lingkungan, serta dapat mendukung bagi terbentuknya perilaku masyarakat yang berwawasan lingkungan,” pungkasnya.

Untuk diketahui rangkaian kegiatan hari Pramuka ke 58 di Bondowoso diawali dengan pengucapan ulang janji,siarah ke taman makam pahlawan dan apel besar Hari Pramuka.

67f1cfdb785348099fb80d095209944c

Related posts

TNI KODIM 0822 SIAP TUNTASKAN BANTU RAKYAT KORBAN BANJIR BANDANG

Sekda Syaifullah : Pandemi Covid -19 ,Pemkab Belum Mengeluarkan Kebijakan Penutupan Toko Namun Harus Saling Menjaga

Mejanya Dirampas, Puluhan Pedagang Mengadu ke DPRD

error: Content is protected !! silahkan di menghubungi admin jika ingin copy conten ini ... terima kasih