FeaturedLensa NusantaraPertanian

Perhutani Jalin Kerjasama dengan KUPS Budidaya Porang

Screenshot_2024-06-16-16-20-23-29_c37d74246d9c81aa0bb824b57eaf7062

 

BONDOWOSO – Adm. KPH Bondowoso Andi Andrian mengatakan bahwa kerjasama dengan memanfaatkan lahan di bawah tegakan sangat menguntungkan untuk itu Perhutani dan Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) jalin kerjasama yang diawali dengan penanaman porang secara simbolis di petak 109.

Salinan dari Salinan dari Salinan dari Black Modern Music News Headline Instagram Post_20231029_070314_0000

Dikatakan bahwa secara habitat, porang merupakan jenis tanaman yang membutuhkan naungan untuk berkembang.

“Porang membutuhkan naungan. Berbeda dengan jagung, tebu dan padi yang justru membutuhkan sinar matahari,” jelasnya saat tanam Porang perdana,Selasa (21/9).

iklan dalam

Menurutnya, KUPS yang memanfaatkan lahan Perhutani merupakan bentukan Kepala Desa. Mereka mengajukan permohonan kepada pihak Perhutani, untuk dibuatkan Perjanjian Kerjasama (PKS) pemanfaatan hutan sosial. Persentase hasil dari kerjasama itu, dilihat dari input masing – masing pihak.

“Persentase hasil tergantung inputan. Semisal Perhutani ikut menyumbang dalam Kegiatan. Tetapi, jika modal sepenuhnya dari masyarakat, maka Perhutani hanya menerima 10 persen diluar PNBP,” paparnya.

Dikatakan bahwa PKS yang telah dibuat, bisa dijadikan dasar untuk mengajukan Pinjaman Kredit Usaha (KUR), program kredit yang disediakan oleh pemerintah. Sehingga, kelompok punya modal dalam pengembangan lahan yang disediakan oleh pihak Perhutani.

“Dengan PKS, kita mencoba mengakses Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang disediakan oleh pemerintah,”tegasnya.

Menurutnya PKS antara Perhutani dengan KUPS berlangsung selama 2 tahun. Pihak Perhutani akan melakukan evaluasi PKS soal komitmen yang telah dibuat. Apakah PKS diperpanjang atau tidak, tergantung evaluasi yang dilakukan oleh pihak Perhutani.

 

Salinan dari Salinan dari Salinan dari Salinan dari Black Modern Music News Headline Instagram Post_20231029_082045_0000

Related posts

Water Sport Pantai Pasir Putih Situbondo Wahana Baru Sedot Wisatawan

Cabuli Gadis Dibawah Umur Pemuda ini Diringkus

Resmikan KTS di Kalianget, Kapolres Situbondo bersama Dandim Bagikan Sembako dan Masker

error: Content is protected !! silahkan di menghubungi admin jika ingin copy conten ini ... terima kasih