page contents
tapalkudapost.com
Featured Politik & Pemerintahan

Pemdes Sumber Rejo Gelar Mudes Penyusunan RKP Desa Tahun 2020

 

Bondowoso – Pemerintahan Desa ( Pemdes) Sumber Rejo Gelar Mudes Penyusunan RKP (Rencana Kerja Pemerintah) Desa tahun 2020.Hal tersebut berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 114 Tahun 2014 Tentang Pedoman Perencanaan Pembangunan Desa yang menyatakan bahwa Pemerintah Desa dapat mengusulkan kebutuhan pembangunan desa kepada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota.

Dalam rangka mempersiapkan program pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahun 2020 mendatang di Desa Sumber Rejo, maka dari itu Pemerintah Desa Sumber Rejo menggelar musyawarah desa penyusunan RKP Desa pada hari ini, Selasa 10 September 2019. Pukul 09.00 WIB di, Balai Desa Sumber Rejo, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso.

Musyawarah Desa ini dihadiri oleh Perwakilan Manager PTPN XII Kebun Blawan. Perwakilan Perhutani. Camat Ijen, Sekretaris camat. Kasi Pemerintahan. Kepala Desa Sumber Rejo, Kepala Sekolah. Petugas Medis Bidan dan Perawat serta unsur Perangkat Desa, BPD, Kepala Dusun, RT/RW, Kelompok Masyarakat, PDP. PDTI dan Pendamping Lokal Desa.

Kepala Desa Mustafa mengemukakan dan mengajak masyarakat Sumber Rejo berperan aktif untuk mengusulkan pembangunan dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun Anggaran 2020.

“Kita harus berkomitmen mengoptimalkan seluruh usulan masyarakat, tanpa tebang pilih yang dilahirkan dan menjadi kesepakatan bersama dalam Musyawarah Desa (Musdes). RKP Desa 2020 ini,”tegasnya

“Ada benerapa usulan ,antara lain Drainase, Pavingisasi, Saluran air Bersih, TPA Sampah, Gedung Paud, Alat musik keagamaan,”ungkapnya

Diharapkan apa yang sudah diprogramkan atau usulan dari masing-masing dusun dapat tercover semua, artinya program yang turun dari Pusat anggaran Dana Desa (DD) Tahun 2020 serta Anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) melalui Pemerintah Kabupaten Bondowoso .

“Sudah sesuai usulan dari bawah dan yang pada intinya nanti program dari negara melalui Dana Desa berguna untuk kemaslahatan masyarakat Desa Sumber Rejo serta Menuju Bondowoso Melesat,”imbuhnya.

Bahkan, pihaknya menargetkan, musyawarah Desa tidak hanya agenda formalitas, sehingga banyak pihak yang menilai agenda musyawarah desa menjadi tidak jelas.

“Tiap tahun ada musyawarah Desa, sementara programnya tidak ada, ini yang ingin kita tepis, agar agenda ini benar-benar menjadi ulusan dan ada realisasinya, makanya perlu kita kawal bersama.

Selain itu,Mustafa juga mengajak masyarakat untuk turut andil dalam membangun desa. Kinerja aparatur desa tidak bisa maksimal jika berdiri sendiri, sehingga peran serta masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama, dalam memajukan Desa menjadi tumpuan utama

IklanPost

Related posts

Kampanye Cakades Klatakan

Tapalkudapost

Terinspirasi dari Geltek 2019 Chef Mike Sulap Bunga Marigold Jadi BondTea Variant

Tapalkudapost

Tekan Angka Pernikahan Dini,Pemkab Bondowoso Launching  Layanan Youth Conselling,

Tapalkudapost