page contents
25 Oktober 2020
tapalkudapost.com
Featured Kesehatan Life Style

Manfaat Biji Bunga Matahari Untuk Kesehatan

Biji bunga matahari atau biasa disebut kuaci cukup populer di Indonesia. Seringkali biji matahari diolah menjadi makanan ringan yang memiliki rasa gurih dan asin. Selain cocok dijadikan camilan saat bersantai, kuaci juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Kandungan protein, lemak, hingga serat pada biji bunga matahari dapat mencegah berbagai macam penyakit serta menjaga kesehatan tubuh.

Lantas apa saja manfaat biji bunga matahari? Simak 7 manfaat biji bunga matahari untuk kesehatan yang perlu Anda tau berikut ini.

Mencegah Radikal Bebas

 

Di balik bentuknya yang kecil, ternyata kuaci mengandung manfaat yang besar untuk kesehatan. Biji bunga matahari memiliki kandungan vitamin E yang dapat berfungsi sebagai antioksidan untuk membantu menangkal radikal bebas. Sehingga daya tahan tubuh Anda akan terjaga dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Mencegah Hipertensi

Hipertensi merupakan penyakit yang ditandai dengan tekanan darah tinggi. Penyakit ini apabila tidak segera diatasi maka dapat menyebabkan penyakit jantung hingga stroke. Maka mulai saat ini harus dilakukan upaya pencegahan penyakit hipertensi.

Bagi Anda yang memiliki masalah tekanan darah tinggi, sebaiknya rutin mengonsumsi olahan biji bunga matahari. Kandungan protein, asam lemak, hingga magnesium pada biji bunga matahari dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Mengatasi Peradangan

Radang merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. Penyakit ini ditandai dengan gejala rasa nyeri, panas, hingga terjadi pembengkakan pada area tubuh. Apabila gejala-gejala ini tidak segera diatasi, maka dapat memicu munculnya penyakit kronis, seperti tumor.

Cara yang paling mudah untuk mengatasi peradangan adalah mengonsumsi olahan biji bunga matahari secara teratur. Pasalnya kandungan pada biji bunga matahari berfungsi efektif meredakan peradangan. Mengonsumsi empat sampai lima kali dalam seminggu dapat membantu mengatasi peradangan.

Mencegah Strok

Manfaat biji bunga matahari selanjutnya yaitu dapat mencegah penyakit stroke. Kandungan senyawa pada biji bunga matahari dapat membantu melemaskan pembuluh darah, sehingga dapat membantu menurunkan tekanan darah pemicu stroke.

Ikalan Didalam

Selain itu, biji bunga matahari juga dapat berfungsi efektif menurunkan kolestrol tubuh.

Menurunkan Risiko Kanker

Kanker menjadi salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Oleh sebab itu, upaya pencegahan harus dimulai sejak dini. Salah satu cara alternatif untuk mencegah penyakit kanker adalah mengonsumsi biji bunga matahari secara teratur.

Biji bunga matahari mengandung selenium yang dapat membantu menghancurkan pertumbuhan sel-sel kanker. Sehingga hal ini akan membuat Anda terhindar dari bahaya penyakit kanker. Selain itu, mengonsumsi kuaci secara rutin juga efektif memperbaiki sel DNA yang rusak.

Mencegah Diabetes

Biji bunga matahari memiliki kandungan polifenol yang dapat berfungsi sebagai antioksidan, sehingga membantu menghancurkan oksidan dalam tubuh.

Selain itu, biji bunga matahari juga mengandung klogenat yang mampu mengurangi kadar gula darah. Mengonsumsi setidaknya lima kali dalam seminggu efektif menurunkan risiko diabetes.

7. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat biji bunga matahari selanjutnya yaitu dapat menjaga kesehatan tulang. Kandungan senyawa berupa kalsium hingga magnesium pada ekstrak biji bunga matahari mampu menjaga kesehatan tulang.

Mengonsumsi secara rutin biji bunga matahari dapat membantu kesehatan tulang Anda tetap terjaga.

Meningkatkan Kesehatan Otak

Kandungan triptofan pada biji bunga matahari dapat memproduksi seretonin yang mampu meningkatkan kinerja otak. Selain itu, biji bunga matahari juga mengandung kolin yang berfungsi untuk meningkatan memori dan penglihatan. Sehingga mengonsumsi kuaci secara teratur dapat menjaga kesehatan otak.

IklanPost

Related posts

Jalur Black Spot dan Trouble Spot Jadi Perhatian Kasat Lantas Polres Situbondo

Tapalkudapost

F.PPP dan F.PKB Kompak Sorot Pengunaan DD dan ADD

Tapalkudapost

Polantas Situbondo dan Petugas Gabungan Tidak Hentinya Himbau Warga Patuhi Protokol Kesehatan

Tapalkudapost