page contents
tapalkudapost.com
Featured Politik & Pemerintahan

Hasil Penetapan Calon Pimpinan DPRD Bondowoso Segera Diajukan ke Gubernur Jawa Timur

Bondowoso – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) selaku partai pemenang Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 Kabuaten Bondowoso mengajukan H.Ahmad Dhafir sebagai calon Ketua DPRD Bondowoso periode 2019-2024.

Untuk selanjutnya,jajaran calon pimpinan dan fraksi DPRD Bondowoso tersebutakan disampaikan kepada Bupati Bondowoso KH.Salwa Arifin guna diajukan untuk mendapat Surat Keputusan (SK) Gubernur Jawa Timur.

Hal itu ditetapkan dalam rapat paripurna intern penetapan calon pimpinan DPRD Bondowoso periode 2019-2024, di Graha Paripurna DPRD Kota Bondowoso ,Rabu,11 September 2019 .

Unsur pimpinan DPRD Bondowoso 2019-2024 terdiri dari Ahmad Dhafir dari PKB sebagai Ketua DPRD, serta Wakil Ketua DPRD Sinung Sudrajat dari PDI Perjuangan,Supriadi dari partai Golkar ,serta Buchori Mun’im dari PPP .

“Mekanismenya ,daftar calon pimpinan langsung disampaikan ke bupati untuk diusulkan ke Gubernur Jawa TimurĀ  agar mendapatkan SK,” jelas ketua DPRD sementara Ahmad Dhafir usai paripurna.

Setelah SK didapat dari Gubernur, maka akan dilanjutkan dengan rapat paripurna penetapan unsur pimpinan definitif.

“Kalau SK-nya sudah keluar kita langsung rapat paripurna penetapan,” katanya.

Setelah unsur ketua definitif dan fraksi disahkan, maka para wakil rakyat itu akan langsung membentuk Alat Kelengkapan Dewan (AKD) seperti Badan Musyawarah (Banmus), Badan Anggaran (Banggar), Komisi dan sebagainya.

“Setelah itu akan dilanjutkan pembentukan Alat Kelengkapan Dewan,” ucapnya.

Dhadir mengatakan, pihaknya berharap SK unsur pimpinan definitif dan fraksi segera diproses. Sebab, masih banyak pekerjaan rumah yang mesti diselesaikan DPRD Bondowoso terutama pembahasan APBD tahun 2020 yang harus segera dirampungkan.

“Iya kita berharap secepatnya. Kita kan harus langsung bekerja membahas anggaran dan sebagainya,” ungkapnya.

Hal tersebut menurut Dhafir sesuai dengan undang- undang no 23 ,undang undang no 17 dan pp 12 dan tata DPRD yang diberi hak untuk mengusulkan pimpinan

“SK pengesahan dari gubenru bukan SK pengangkatan yang nantinya penyampaian pengesahan akan disampaikan melalui rapat paripurna,”imbuhnya

Setelah pimpinan ditetapkan kata Dhafir nantinya yang akan dibahas juga Tata Tertib (Tatatib) .

“Pelantikan pimpinan baru pengesahan tata tertib itu sebagai landasan kita bekerja di DPRD ,itu kan diatur tentang kerja kita dengan tatib,”pungkasnya.

IklanPost

Related posts

Berdalih Kerasukan Jin Ayah Cabuli Anak Kandung

Tapalkudapost

SEJUMLAH WARGA DI KLUNGKUNG LUKA-LUKA,AKIBAT GEMPA

Tapalkudapost

LIPI Sosialisasikan POH Pada Petani di Sempolan

Tapalkudapost