page contents
tapalkudapost.com
Featured Lensa Nusantara Peristiwa Politik & Pemerintahan

Dihadapan Ratusan Kades dan Perangkat Desa Ketua DPRD Bondowoso Ingatkan Sekda

BONDOWOSO – Ketua DPRD Bondowoso Ahmad Dhafir kebali menunjukkan taringnya sebagai politisi kawakan Republik Kopi,Betapa tidak, dihadapan ratusan kepala desa dan perangkatkatnya Ia mengingatkan Sekretaris Daerah Syaifullah untuk tidak menyampaikan pernyataan bahwa “Sekda telah memecat Kepala Dinas”.

Hal ini dilakukan Dhfir saat Sekda Syaifullah memberikan tanggapan terhadap berbagai tuntutan pendemo di Gedung DPRD Bondowoso, Selasa (8/10/2019). Dan sempat melontarkan bahwa dirinya telah memecat seorang Kepala Dinas.

“Di tempat ini, saya mengingatkan Pak Sekda. Jangan menggunakan kalimat “seorang kepala dinas sudah saya pecat”. Bahwa yang punya kewenangan memecat adalah Bupati,” tegasnya.

Dijelaskan kewenangan memecat Kepala Dinas ada pada Bupati. Karena itulah, dirinya sengaja mengoreksi apa yang dilontarkan oleh Sekda.

“Ini mungkin jangan disini atau di tempat manapun  bahwa Sekda pecat Kadis karena gedung ini menjadi tanggung jawab saya sebagai Ketua DPRD. Kalau itu saya lalui, berarti saya melegimitasi Pak Sekda memecat seorang Kadis,” imbuhnya.

Untuk diketahui ratusan kades dan perangkat desa menggelar demo di depan Kantor Pemerintah Daerah, dan Gedung DPRD Bondowoso, Selasa (8/10). Mereka yang tergabung dalam Sentra Komunikasi Aliansi Kepala Desa (SKAK) berdemo untuk menuntut penjelasan Plt. Kepala BKD Acmad Prajitno atas pernyataan kontroversinya. Salah satunya yakni menyebut “Pemdes bukan bagian lembaga pemerintah daerah”.

Mereka juga meminta Plt. Kepala BKD meminta maaf atas pernyataannya yang dinilai kurang tepat.

Dalam orasinya, pendemo bahkan mengancam tak akan menagih PBB, tak akan memenuhi undangan Pemkab. Termasuk pula, tak akan menggunakan seragam dinas. Manakala aspirasinya tidak ditindaklanjuti.

Saat demo, mereka ditemui oleh Ketua DPRD Ahmad Dhafir, Wakil Ketua DPRD Sinung Sudrajat, dan Ketua Komisi 1 Tohari serta Sekretaris Daerah Syaifullah datang dan memberikan jawaban atas berbagai tuntutan pendemo.
Ditengah penyampaian jawabannya, Sekda Syaifullah sempat melontarkan bahwa dirinya telah memecat kepala dinas.

“Saya pasti tindak lanjuti. Dan mohon maaf, bapak bisa lihat apa yang saya lakukan. Seorang kepala dinas sudah saya pecat kok Pak,” Kata Sekda.

Hal inilah yang kemudian diingatkan oleh Ketua DPRD Ahmad Dhafir guna meredam suasana demo di bawah terik mentari.

IklanPost

Related posts

Bupati : Pembangunan Pendidikan Bondowoso Harus Mampu Melahirkan Lulusan Bermutu

Tapalkudapost

Dandim 0824 Tegaskan Aparat Rajin Monitoring

Tapalkudapost

Kasat Lantas Polres Bondowoso Berikan Penghargaan Pada Anggota yang Berprestasi

Tapalkudapost