Trainee of Trainers Operator Optimalkan Alsitan Pertanian di Bondowoso

Bondowoso – Trainee of Trainers untuk manfaatkan optimal alsitan p ertanian maka pemerintah melalui Dinas Pertanian Kabupaten Bondowoso bekerjasama dengan PT. Yanmar Diesel Indonesia sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang produksi mesin diesel horizontal dan pemasar mesin-mesin pertanian mengelar pelatihan Operator Traktor yang bertempat di Kelompok Tani Sido Makmur Dusun Krajan Wonokusumo Kecamatan Tapen Bondowoso ,Jawa Timur (Kamis,31/01/2019).

Kepala Dinas Pertanian Bondowoso yang diwakili Kepala Bidang PSP, Hendri Widotono, S.Pt.,M.P. menyampaikan bahwa teknologi alat dan mesin pertanian saat ini semakin berkembang seiring dengan tuntutan peningkatan produksi pertanian.

“Saat ini sudah banyak traktor yang dimiliki petani, baik milik pribadi maupun yang berasal dari bantuan Pemerintah. Namun traktor tersebut belum digunakan secara maksimal. Untuk itu, perlu diadakan pelatihan tentang penggunaan serta perawatan traktor,” jelas alumni  S-2 beasiswa dari Dirjen DIKTI di Universitas Jember ini.

Menurut Hendri,Yanmar membantu program pemerintah dengan cara memberikan pelatihan kepada para operator penerima bantuan alat dan mesin pertanian Produk Yanmar untuk bantuan pemerintah traktor roda empat (4-WD tractor) alokasi proyek APBN tahun 2018.

“Tujuan dari pelatihan operator tersebut adalah memberikan pengetahuan tentang pengoperasian, perawatan dan pemeliharaan berkala sesuai dengan alat yang diterimanya sehingga dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan menggunakan mesin pertanian. Pelatihan Pengoperasian dan Perawatan Traktor Roda Empat New Holland TT 45-4WD kepada 25 peserta,” ungkapnya

Selain itu kata Hendri tujuan diadakannya pelatihan ini agar tersedia operator traktor handal yang dapat melatih petani-petani lainnya sehingga traktor yang ada dapat digunakan dengan baik dan maksimal.

25 Peserta pelatihan tersebut menurut Hendri terdiri dari 11 orang unsur petugas ,selebihnya utusan Kelompok Tani dari 4 Kecamatan diantaranya Kecamatan Tapen,Botolinggo,Cremee dan Klabang.

Hendri berharap agar Trainee of Trainers tersebut dapat memberikan manfaat bagi para peserta,”Kami berharap Operator bisa memanfaatkan secara optimal,mengingat pelatihan ini dilatih oleh instruktur profisional yang berstrifikat dari perusahaan alsitan ternama ,semoga pelatihan ini bisa memberikan manfaat dan pengetahuan untuk para operator agar nantinya dapat meningkatkan produktivitas hasil pertanian di Kabupaten Bondowoso,”harapnya.

Ia juga mengharapkan bahwa Platihan Operator Traktor tersebut jadi penyemangat baru untuk bisa membangun pertanian di Bondowoso.


Kepala Bidang PSP, Hendri Widotono, S.Pt.,M.P.

Sementara  Yonet Haryonto dari PT. Yanmar Diesel Indonesia sebagai koordinator Instruktur menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan mekanisasi pertanian ini merupakan pengejawantahan dari MoU Kementrian Pertanian dengan PT. Yanmar Diesel Indonesia.

“Selain meberikan pelatihan cara pengoperasian dan perawatan, 3 instruktur dari PT. Yanmar Diesel Indonesia dalam kegiatan tersebut juga memberikan kesempatan kepada peserta untuk mempraktekkan langsung cara mengoperasi dan merawat alat berat tersebut dan para peserta juga diberikan sertifikat pelatihan oleh dari PT. Yanmar Diesel Indonesia,’ tegasnya.

Related posts

Ketua KPU Bondowoso Lantik 115 PPK untuk Pilkada 2024

Ketua DPC PKB Bondowoso Mengaku Belum Kantongi ” Ijin Tertulis ” Bacabup Pilkada 2024

“Semalam di Desa Kretek” Cara Pemkab Bondowoso Dekatkan Layanan bagi Masyarakat