Tingkatkan Perekonomian dan Kesejahteraan Masyarakat Bupati Salwa Resmikan Bumdesma

Bondowoso – Untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Bupati Bondowoso, KH Salwa Arifin meresmikan Bumdesa Bersama ‘Tenggarang Mandiri LKD’, di Kantor Kecamatan Tenggarang, Rabu (20/9/2023).

“Ini betul-betul punya peran penting dan terasa manfaatnya bagi masyarakat. Bumdesma ini juga menjadi percontohan bagi kecamatan lain,”ungkapnya.

Ditempat yang sama Camat Tenggarang Rifky Hariyadi menyampaikan, untuk anggaran dasar dan anggaran rumah tangga Bumdesma ini secara langsung akan diverifikasi oleh Kemendes.

“Setelah ada verifikasi atau revisi nanti diteruskan Kemenkumham. Kita ada kesulitan perihal penyertaan modalnya, karena Bumdesma ini transformasi dari PNPM-MPd di mana ada proses pengalihan aset dan SDM,” paparnya.

Dikatakan bahwa semua aset PNPM-MPd harus dijadikan aset Bumdesma. Setelah itu, pengelola PNPM juga otomatis sebagai pengelola di usaha-usaha yang sudah ada.

“Pinjaman tetap kita teruskan, karena, aset tahun 2022 sebesar Rp 2,2 miliar yang bergulir di masyarakat. Selanjutnya, usaha yang akan dirintis Bumdesma ini nantinya adalah percetakan dan jual beli ATK,” tukasnya.

Dalam peresmian Bumdesma tersebut, Bupati KH Salwa Arifin didampingi oleh Asisten I, Haeriyah Yuliati, Kepala DPMD, Ahmad dan beberapa Kepala OPD lainnya.

Bupati Bondowoso juga berkesempatan memberikan santunan kepada anak-anak yatim dan memberikan bantuan tas sekolah kepada siswa SD yang kurang mampu.

Related posts

Ketua KPU Bondowoso Lantik 115 PPK untuk Pilkada 2024

Ketua DPC PKB Bondowoso Mengaku Belum Kantongi ” Ijin Tertulis ” Bacabup Pilkada 2024

“Semalam di Desa Kretek” Cara Pemkab Bondowoso Dekatkan Layanan bagi Masyarakat