Selain Wonosuko, Dua Kades di Bondowoso Keberatan, Namanya Dicatut Dalam Realisasi Pupuk Bersubsidi

 

BONDOWOSO – Selain Wonosuko , dua Kepala Desa (Kades) di Bondowoso keberatan namanya dicatut oleh kios penyalur pupuk bersubsidi .

Sapik Udin Kepala Desa Wonusuko dicatut oleh UD Revita. Hari ini ditemukan , Kepala Desa Sumber Anom Kecamatan Tamanan Misyono juga dicatut.

Nama Misyono dicatut oleh UD Bunda. Sedangkan satunya lagi, adalah Kepala Desa Kalianyar Kecamatan Tamanan Eva Anggraeni, namanya dicatut oleh UD Anita Jaya dalam realisasi pupuk bersubsidi.

Kades Sumber Anom Kecamatan Tamanan Misyono mengatakan, mulai tahun 2021 sampai dengan tahun 2022, tidak pernah menebus pupuk bersubsidi di UD Bunda, meski namanya ada dalam data RDKK (Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok Tani).

Ia mengaku pupuk di kios itu jarang ada, dan terpaksa mencari pupuk ke daerah lain di Kabupaten Bondowoso untuk memenuhi kebutuhan pertanian.

“Nama saya memang ada di RDKK (Rencana Defenitif Kebutuhan Kelompok Tani). Namun, selama 2021 dan 2022 saya tidak pernah melakukan penebusah pupuk bersubsidi di kios itu,” kata Misyono di Balai Desa Sumber Anom, Selasa (29/8/2022).

Dikatakan bahwa , bukan hanya dirinya yang kesulitan membeli pupuk. Banyak warga Sumber Anom terpaksa mencari pupuk ke daerah lain, lantaran di kios setempat jarang ada pupuk.

Selain itu, terdapat paket yang diminta untuk ditebus oleh kios, yang memutuskan Misyono mencari pupuk ditempat lain.

Baca Juga :

Bukan Hanya Wartawan, Nama Kades Juga Dicatut dalam Realisasi Pupuk Bersubsidi

“Dulu, kalau pupuknya ada, petani masih disuruh nebus paketan. Padahal, paketan yang disuruh tebus oleh kios ga ada gunanya,” ujarnya.

Dalam data penerimaan pupuk bersubsidi, Misyono tercatan membeli pupuk bersubsidi sebanyak 2 ton di tahun 2021 dan 2022.

Setelah mengetahui data itu, Misyono mengaku keberatan atas pencatutan nama yang dilakukan oleh kios.

Sedangkan Kepala Desa Kalianyar, dalam aplikasi t-pubers tercatat menebus pupuk sebanyak 5,5 ton keseluruhan.

Related posts

Ketua KPU Bondowoso Lantik 115 PPK untuk Pilkada 2024

Ketua DPC PKB Bondowoso Mengaku Belum Kantongi ” Ijin Tertulis ” Bacabup Pilkada 2024

“Semalam di Desa Kretek” Cara Pemkab Bondowoso Dekatkan Layanan bagi Masyarakat