Para Perangkat Desa di Jember Lakukan Pemutakhiran IDM

Jember- Sejumlah perangkat dan pendamping desa selesaikan pemutakhiran data Index Desa Membangun (IDM) tahun 2019 yang diminta oleh Kementerian Desa pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi (Kemendes PDTT) tahun ini.
Pemutakhiran IDM tersebut, Kemendes meminta dalam penginputan dilakukan secara online dengan mealui website yang telah disediakan.
Oleh sebab itu, 226 desa telah melakukan pemutakhiran ini yang dimulai sejak beberapa hari yang lalu. Hari ini, merupakan batas akhir dalam penginputan tersebut, yang nantinya akan dikirim ke kementerian keesokan harinya.
Fityatur Rohmah salah seorang operator desa di Desa Rowotamtu mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan untuk finalisasi dalam pemutakhiran data IDM tahun 2019. “Ya mas, kegiatan yang dilakukan secara bersama ini karena hari ini merupakan batas waktu yang ditentukan kementerian dalam penginputan dan pemutakhiran IDM, “ ucapnya saat diwawancarai di Pendopo Kecamatan Rambipuji pada, Minggu (15/9) siang.
Dirinya menambahkan, dirinya bersama rekan perangkat se-Kecamatan Rambipuji lembur bersama dengan tujuan semua desa di Kecamatan Rambipuji bisa selesai secara bersamaan. Selain itu, agenda ini selain pemutakhiran data juga merupakan acara diskusi bersama terkait beberapa kegiatan di desa. Mulai dari penganggaran sampai dengan penatausahaan serta pengelolaan keuangan desa di tahun 2019. “Lembur bersama ini juga dilakuna berupa diskusi kecil terkait tata kelola keuangan ADD, DD dan BGH tahun 2019,” imbuhnya.
Dalam kegiatan ini, turut serta Pendamping Lokal Desa (PLD) , Pendamping desa tingkat kecamatan serta Koordinator pendamping kabupaten untuk memberikan fasilitasi terhadap sejumlah perangkat dalam tata cara penginputan data secara online yang nantinya dimasukkan ke wibsite. (bad/ans)

Related posts

Ketua KPU Bondowoso Lantik 115 PPK untuk Pilkada 2024

Ketua DPC PKB Bondowoso Mengaku Belum Kantongi ” Ijin Tertulis ” Bacabup Pilkada 2024

“Semalam di Desa Kretek” Cara Pemkab Bondowoso Dekatkan Layanan bagi Masyarakat