Menelisik Asal Tari Landhung, Ternyata Cak Tutun Penggagasnya

Situbondo – Tari Landhung adalah tari tradisional asal Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Dan selama ini tari Landhung sering ditampilkan pada acara – acara seremonial oleh EO – EO tertentu di Situbondo.
Dalam sejarahnya, tari Landhung ini sudah mendapatkan pengakuan dari publik atau masyarakat luas. Dan salah satu penggagas serta yang melahirkan ikon tari Landhung sebagai tari khas Situbondo adalah Hosnatun yang kerap dipanggil Cak Tutun.
Landhung adalah perkumpulan para praktisi dan para guru seni, kemudian muncullah dari sesepuh seniman, kata ungkapan ” Pandhelungan” dan dari guru muncul kata ”
“Lajer” dari guru seni. Lalu digabungkan menjadi kata Lajer Pandhelunggan dan diperpendek kata lagi menjadi Landhung yang artinya “memanjang”.
Saat Cak Tutun dihubungi awak media di rumah nya mengatakan,
“Jika dilihat dari ragam gerak, dan keharmonisan musik, maka menggambarkan keragaman yang ada di Situbondo, itulah yang menjadi kekuatan dari Tari “Landhung” Situbondo,” ujar kakek dari empat cucu, sang sesepuh seniman Situbondo, di rumah nya, Minggu, (30/08/2020).
Editor / Penulis : Anies Septivirawan

Related posts

Ketua KPU Bondowoso Lantik 115 PPK untuk Pilkada 2024

Ketua DPC PKB Bondowoso Mengaku Belum Kantongi ” Ijin Tertulis ” Bacabup Pilkada 2024

“Semalam di Desa Kretek” Cara Pemkab Bondowoso Dekatkan Layanan bagi Masyarakat