Komisi I DPRD Bondowoso Minta Bupati Segera Isi Jabatan Kepala OPD Difinitif

 
Bondowoso , H.Tohari Ketua Komisi I DPRD Bondowoso meminta Bupati Bondowoso KH.Salwa Arifin segera mengisi jabatan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Difinitif .
Pasalanya kata Tohari bila nyaman dengan hanya menunjuk PLT artinya telah mengorbankan proses regenerasi pengkaderan SDM ASN di Bondowoso.
“Saya menyimpan kecurigaan dan praduga serta aroma tidak sedap terhadap penataan birokrasi di Bondowoso ,sejatinya sebagai pejabat yang berwenang pembina kepegawaian yang telah mengambil kebijakan hanya menunjuk PLT di beberapa OPD dengan tanpa sebuah masa jabatan yg jelas tidak dibenarkan,”ungkapnya ,Senin 23/03/2020.
Bahkan kata Tohari surat perintahnya pun seakan-akan memberi peluang seluas luasnya kepada pejabat PLT untuk hanya bekerja yang bersifat rutin.
“Kalau hanya bekerja yang bersifat rutin tanpa ada beban tugas untuk bekerja melesat dengan kebijakan kebijakan strategis,Non sen Bondowoso bisa melesat,”imbuhnya.
Ia mencontohkan OPD besar sekelas PUPR, INSPEKTORAT, BKD, Permukiman hanya di pimpin oleh PLT yang kewenangan sangat terbatas, pihaknya yakin karna keterbatasan kewenangan PLT yang ada saat ini tidak akan mampu men implementasi program- program strategis.
“Paling – paling bisanya hanya berebut bagi bagi proyek, untuk itu komisi I yang membidangi pemerintahan dan kepegawaian minta kepada bupati agar segera mengisi seluruh Pejabat JPT atau kepala OPD secara difinitif. Sebagaimana di atur DI PP NO 18 th 2016 tentang perangkat daerah,”katanya.
Pihaknya juga berharap Sekda sebagai koordinator dalam pengordinasian administratif melaksanakan tugasnya dengan benar terutama dalam pelayanan administratif dan pembinaan aparatur sipil negara.
“Saran saya agar Sekda tidak terlalu disibuk kan dengan hal-hal yang bersifat tehnis dan politis,untuk itu saudara sekda agar segera melakukan langkah langkah kongkrit untuk mengisi jabatan tinggi pratama ini dengan mengikuti peraturan perundang undangan yg berlaku terutama UU no.5 th 2014 tentang ASN,”harapnya.
Pihaknya juga meminta kepada Wawan Setiawan yang ditunjuk dan di perintahkan untuk menjabat PLT BKD agar tidak menambah antrian panjang lagi.
“Segera akhiri jabatan PLT dengan mengisi dgn pejabat difinitif. Komisi akan terus mengikuti perkembangan dan langkah langkah yg akan di lakukan BKD,”tegasnya.
Sementara itu Sekda Bondowoso H.Syaifullah saat diikonfirmasi menyampaikain terimakasih kepada komisi I terutama kepada H.Tohari ketua komisi I atas saran dan masukanya.
“Terimakasih kepada Komisi I terutama H.Tohari sebagai ketua yang memberikan saran dan kritik,karena eksekutif dan legislatif memang harus bersinergi dengan baik,”ungkapnya.
Terkait kepala OPD Difinitif Sekda menyampaikan bahwa akan segera dilakukan Open bidding dan asesment.
“Akan segera open bidding,kita tidak akan membiarkan berlarut-larut doakan segera dan lancar,”tukasnya.
Sedangkan Wawan Setiawan saat dihubungi membenarkan bahwa dirinya sejak hari ini ditunjuk sebagai PLT Kepala BKD.

Related posts

Ketua KPU Bondowoso Lantik 115 PPK untuk Pilkada 2024

Ketua DPC PKB Bondowoso Mengaku Belum Kantongi ” Ijin Tertulis ” Bacabup Pilkada 2024

“Semalam di Desa Kretek” Cara Pemkab Bondowoso Dekatkan Layanan bagi Masyarakat