Desa Sumber Piang Gelar Pemutahiran DTD-AKP

SITUBONDO – Pemerintah Desa Sumber Pinang, Kecamatan Mlandingan, Kabupaten Situbondo melaksanakan pemutahira tentang pelaksanaan pendataan data tunggal daerah analisis kependudukan partisipatif (DTD-AKP) 2019, kemarin.

Kegiatan yang bertempat di aula kantor Desa Sumber Pinang tersebut, dihadiri oleh Camat Mlandingan, Kasi Kesra Kecamatan Mlandingan, Kepala Desa Sumber Pinang, TKSK (Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan) Mlandingan, dan seluruh perangkat Desa Trebungan mulai, Kaur, Kasi, Kadus hingga ketua RT RW.

Kepala Desa Sumber Pinang Saifudin Suhri mengatakan, Pemdes Trebungan telah menyusun data induk, namun dalam menyusun induk tersebut, pihaknya melibatkan perangkat desa hingga di tingkat RT.

“Diharapkan agar DTD-AKP 2019 di Desa Sumber Pinang dapat akuntabel dan bisa dipertanggung jawabkan. Sehingga penduduk Desa Sumber Pinang, bisa terdata masing – masing taraf kemampuan atau ekonominya,” Jelasnya.

Sementara Camat Mlandingan, Iddha Arum Bawana mengatakan, DTD-AKP nanti akan mengcover data-data inklusi, penduduk miskin, indeks pembangunan desa, dan lain sebagainya. Kemudian akan terus dikembangkan menjadi data induk yang bisa diakses dan dipakai secara langsung oleh pemerintah.

“Teknis pendataan DTD-AKP diawal dengan pelaksanaan musyawarah di tingkat RT hingga di kecamatan. Kalau dari RT di tingkat desa sudah terverifikasi dengan baik, diharapkan akurasi data sudah bisa dipertanggung jawabkan,” pungkasnya, kemarin. (ans)

Related posts

Ketua KPU Bondowoso Lantik 115 PPK untuk Pilkada 2024

Ketua DPC PKB Bondowoso Mengaku Belum Kantongi ” Ijin Tertulis ” Bacabup Pilkada 2024

“Semalam di Desa Kretek” Cara Pemkab Bondowoso Dekatkan Layanan bagi Masyarakat