Inspektorat Masih Akan Lakukan Rakor Tentang Rekomendasi Kades yang Bakal Nyalon Lagi

 

Bondowoso,Plt Kepala Inspektorat Agus Suripno mengakui bahwa pihaknya masih belum mengetahui secara detail kepala Desa mana saja yang masih mempunyai tanggungan kepada Negara.

Menurutnya ,masih perlu dilakukan pemahaman antara pihak terkait dengan pihak pemerintah setempat. Sampai saat ini, Inspektorat Kabupaten Bondowoso, belum mengetahui jumlah kepala Desa yang mempunyai tanggungan kepada Negara.

Dijelaskan bahwa tanggungan kepala Desa, hal tersebut mengacu kepada Peraturan Bupati jika setiap Kepala Desa yang akan mencalonkan kembali harus memiliki Rekomendasi dari Inspektorat Kabupaten setempat, bahwa kepala Desa tersebut benar-benar telah bebas dari tanggungan Negara.

“Masih kita rapatkan dulu dengan Tim terkait dengan para kepala Desa yang mempunyai tanggungan ADD dan DD, jadi sampai saat ini kita belum bertemu dengan kepala Desa, ” jelas Agus
di Pendopo Bupati, Kamis (27/5/2021).

Tim dari pemerintah Kabupaten
kata Agus , akan melakukan rapat koordinasi atau rapat secara mendetail dengan para Tim terkait, sehingga data yang di peroleh oleh Inspektorat benar-benar maksimal didapat dari hasil rapat tersebut.

“Kita dengan Tim seperti Bagian Hukum, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Asisten I, Irban I II dan III Sekaligus Inspektorat akan melakukan rapat Koordinasi, ” janjinya

Dikatakan bahwa sebelumnya, Inspektorat Kabupaten setempat telah melakukan Audit di seluruh Kepala Desa yang ada di Kabupaten bondowoso, sehingga tak heran jika banyak para kepala Desa yang berinisitif datang secara langsung di Inspektorat.

Terkait tanggungan ADD atau Dana Desa itu, Inspektorat sebelumnya telah melakukan Audit karena di setiap wilayah ada Irban I, II dan III.

“Nanti saja, kita masih perlu melakukan kajian serta rapat Koordinasi mengenai kepala Desa yang punya tanggungan DD maupun ADD, ” pungkasnya

Related posts

Ketua KPU Bondowoso Lantik 115 PPK untuk Pilkada 2024

Ketua DPC PKB Bondowoso Mengaku Belum Kantongi ” Ijin Tertulis ” Bacabup Pilkada 2024

“Semalam di Desa Kretek” Cara Pemkab Bondowoso Dekatkan Layanan bagi Masyarakat