Bupati Berharap Kemandirian Pangan Lokal dengan Memanfaatkan Potensi Alam Bondowoso

Bupati Berharap Kemandirian Pangan Lokal dengan Pemanfaatan Potensi Alam Bondowoso
Bondowoso – Memanfaatkan pitensi alan guna meningkatkan potensi pangan dalam mengatasi masalah stunting menjadi perhartian Bupati Bondowoso. Sinyal tersebut ditangkap dengan baik oleh Dharma Wanita dan PKK Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.
Guna mewujudkan hal tersebut perwakikan Darma Wanita dan PKK se – Kabupaten Bondowoso beradu kreasi masakan sehat, bergizi dan seimbang yang dikemas dalam Lomba Cipta Menu, di Gedung Pelita, Kamis (6/12/2018).
Mayoritas masakan yang dibuat merupakan masakan yang berbahan dasar potensi pangan sekitar. Seperti ubi jalar, tape, singkong, jagung, pisang, sukun dan lainnya.
Bupati Bondowoso KH.Salwa Arifin, dalam kesempatan tersebut, menyampaikan bahwa pangan merupakan kebutuhan dasar manusia paling utama, dan merupakan hak asasi setiap masyarakat. Oleh karenanya, upaya pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat perlu dicari solusinya sebagaimana diamanatkan dalam Undang-undang.
“Melalui lomba ini diharapkan mampu memantapkan kemandirian pangan lokal, dan pelestarian sumber daya alam dengan pemanfaatan hasil potensi alam,” harapnya.
Menurut Bupati, dengan proses pengolahan menjadi bahan pangan yang mengandung berbagai nutrisi diharapkan mampu meningkatkan kualitas konsumsi pangan ,”Selain itu diharapkan dapat membantu penambahan pendapatan rumah tangga,” harapnya.
Dikesempatan yang sama Muhammad Halil Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Bondowoso Muhammad Halil
mengatakan, tujuan dilaksanakannya lomba tersebut untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan yang beragam, bergizi dan seimbang. Sehingga, tercipta budaya keluarga yang mampu menciptakan menu untuk memenuhi kebutuhan gizi dengan memanfaatkan potensi pangan di sekitar guna mengatasi masalah stunting di Bondowoso.
” Tujuan kegiatan ini untuk memanfaatkan potensi pangan dan bisa mengatasi masalah stunting di Bondowoso,” pungkasnya.

Related posts

Ketua KPU Bondowoso Lantik 115 PPK untuk Pilkada 2024

Ketua DPC PKB Bondowoso Mengaku Belum Kantongi ” Ijin Tertulis ” Bacabup Pilkada 2024

“Semalam di Desa Kretek” Cara Pemkab Bondowoso Dekatkan Layanan bagi Masyarakat