Buah Naga Organik Tembus Pasar Manca Negara

Jember  – Buah Naga (Hylocereus polyrhizus) organik menjadi primadona di Kabupaten Jember .

Petani buah naga yang tinggal di Sidomulyo Semboro, Asroful Uswatun mengatakan, harga buah naga merah saat ini menyentuh Rp.25.000 per kilo.

“Itu harga di sini, karena memang buah naga hasil pupuk organik dengan mutu kualitas super yang dagingnya merah. Mungkin di pasar ada juga yang seharga 15.000 rupiah per kilo, itu buah naga yang biasa yang bukan organik,” ujarnya, Selasa (20/2/2024).

Selain itu, ada juga buah naga berdaging kuning yang harganya mencapai Rp.70.000 per kilogram.

“Di pasar domestik produk buah organik ini juga sudah masuk di Jakarta, Surabaya, Malang, Bali, Sorong, Biak, Jayapura, Merauke, dan Nabire,” imbuhnya.

Asosiasi Mitra Tani Unggul ini sendiri memiliki berbagai komoditas yang dikembangkan seperti Buah Naga (merah, kuning Colombia, oranye, dan yellow giant),  Jambu kristal putih dan merah, Alpukat Miki dan Aligator, Durian duri hitam, Musang King, Kanjau, dan Bawor, Mangga Garifta merah dan oranye, Srikaya jumbo, Manggis, dan Nanas madu jumbo.

Lantaran keberhasilannya dalam hal produksi maupun pemasaran, kebun yang dikelola langsung Ketua Asosiasi Mitra Tani Unggul, Asroful Uswatun ini berhasil menembus pasar luar negeri seperti Belanda, Jerman, Italia, Rusia, Perancis, UK, Dubai, Singapura, dan Malaysia.

Related posts

Ketua KPU Bondowoso Lantik 115 PPK untuk Pilkada 2024

Ketua DPC PKB Bondowoso Mengaku Belum Kantongi ” Ijin Tertulis ” Bacabup Pilkada 2024

“Semalam di Desa Kretek” Cara Pemkab Bondowoso Dekatkan Layanan bagi Masyarakat