Banjir dan Longsor di Kecamatan Ijen,BPBD Sigap Kirim TRC

Bondowoso, Wisata air panas Blawan kondisi debit air meninggi serta longsor di Palduding membuat Tim Reaksi Cepat (TRC) sigap menuju lokasi.

Plt. Kalaksa BPBD Bondowoso melalui Sekretaris BPBD , Adi Sunaryadi mengatakan, pihaknya telah mengirim Tim Reaksi Cepat (TRC) ke beberapa titik dampak banjir.

“Khususnya menuju jembatan Kalipahit untuk melakukan pembersihan agar arus lalu lintas kembali normal,” jelasnya ,Senin 01/02/2021.

Dijelaskan bahwa pihaknya telah menerima laporan dari Camat Ijen bahwa diwilayahnya terjadi longsor.

“Di Kali Pahit,ada mobil terjebak di sana. Kami sudah kirim TRC dan juga sudah berkoordinasi dengan Batalion 514 untuk membantu,” ungkapnya.

Kendati demikian sampai berita ini ditayangkan, pihaknya belum bisa memberikan keterangan lengkap terkait dampak banjir di sejumlah titik. Sebab, menurutnya masih akan melakukan identifikasi ke lokasi dan upaya penyelamatan.

” Kami masih akan mengidentifikasi dan melakukan langkah-langkah penyelamatan,” tukadnya.

Untuk diketahui Video banjir Ijen yang direkam warga mulai beredar di media sosial. Beberapa video menunjukkan banjir menyeret hewan ternak warga.

Tampak warga berupaya menyelamatkan kambing di tengah derasnya air bercampur ranting pohon.Tak hanya menghanyutkan kandang ternak, namun luapan air mengakibatkan pemandian umum air panas milik warga setempat tertutup banjir.

Hal tersebut berawal dari intensitas Hujan meningkat, menyebabkan aliran sungai Blawan di Kecamatan Ijen naik dan menghanyutkan kandang ternak milik warga, sekitar pukul 16.30 WIB. Aliran deras sungai tersebut membawa lumpur dan material ranting pohon.

Selain itu, hujan deras menyebabkan akses jalan dari Kalipahit menuju Paltuding terputus dan menyebabkan beberapa kendaraan dari arah Banyuwangi terjebak.

 

Related posts

Kepala UPTD SPF Usul Kenaikan Tunjangan Ini Kata PJ Sekda Bondowoso

Diikuti 290 Peserta,PJ Sekda Bondowoso Tutup Diklatsar CPNS Golongan II dan III Tahun 2023

Haeriyah Yuliati ,Perempuan Pertama Jadi PJ Sekda Bondowoso