page contents
tapalkudapost.com
Featured Politik & Pemerintahan

45 Anggota DPRD Dilatik, Termasuk Dua ‘Putera Mahkota’ Penguasa Bondowoso 

 

Bondowoso – Sebanyak 45 anggota DPRD Bondowoso, Jawa Timur, periode 2019-2024 mengambil sumpah/janji jabatan di Gedung DPRD setempat, pada Jum’at (23/8/2019).

Untuk perolehan kursi, PKB berada di posisi tertinggi yaitu 14 kursi. Disusul PDI Perjuangan dengan 7 kursi, PPP dan Golkar masing – masing 6 kursi dan PKS 5 kursi, Gerindra 4 kursi, Demokrat 2 kursi dan PAN hanya1 kursi

Ada yang menarik dalam acara pelantikan kali ini. Betapa tidak 2 putra mahkota penguasa Bondowoso juga dilantik, dia adalah Muhammad Irsan Marwanda Bachtiar (22) .Semangat memperjuangkan kaum muda menjadi alasan dirinya masuk dalam dunia politik.

Irsan berangkat dari daerah pemilihan Bondowoso 1, meliputi Kecamatan Tenggarang, Wonosari, dan Kecamatan Kota Bondowoso melalui PDI  Perjuangan .

Pria kelahiran 16 Maret 1997 ini, adalah anak kedua Wakil Bupati Bondowoso, H. Irwan Bachtiar Rahmat, juga turut dilantik sebagai anggota DPRD termuda Kabupaten Bondowoso periode 2019-2024 ini.

Selain itu Putri sulung Bupati Bondowoso, KH Salwa Arifin, Siti Masyarafatul Manna Wassalwa berhasil meraup suara terbanyak di PPP untuk daerah pemilihan (Dapil) 3 yang meliputi Kecamatan Pujer, Tlogosari, Sukosari dan Ijen dan Sumberwringin.

Neng Ufa, panggilan akrab Masyarafatul Manna Wassalwa menjadi calon legislatif melalui PPP dengan mengantongi 4.041 suara menyisihkan 8 pesaing lainnya.

Ketua Wanita Persatuan Pembangunan (WPP) Bondowoso ini juga turut dilantik pada hari ini.

Dalam sambutan Gubernur Jawa Timur yang dibacakan oleh Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin mengucapkan selamat kepada seluruh anggota DPRD Kabupaten Bondowoso masa jabatan 2019-2024. Serta terselip harapan dengan terbentuknya anggota DPRD Bondowoso yang baru, dapat membawa aspirasi masyarakat lebih baik lagi.

“Rakyat telah memilih saudara menjadi wakil rakyat guna menuntaskan berbagai persoalan. Teriring harapan semoga dengan terbentuknya anggota DPRD yang baru dapat membawa aspirasi masyarakat lebih baik dan hasil pembangunannya dapat dirasakan oleh masyarakat luas sehingga membawa Bondowoso menjadi semakin maju, sejahtera dan bermartabat. Serta mampu merealisasikan kemandirian ekonomi dengan selalu memperhatikan budaya dan kearifan lokal,” ucapnya.

Bupati juga memberikan ucapan terima kasih kepada anggota DPRD masa jabatan 2014-2019 yang telah mengemban amanah selama lima tahun. Sesuai pedoman perundang-undangan tentang penyusunan tata tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, Kabupaten, dan Kota disebutkan bahwa masa jabatan anggota DPRD kabupaten atau kota adalah lima tahun terhitung sejak pengucapan sumpah atau janji dan berakhir pada saat anggota DPRD kabupaten atau kota yang baru mengucapkan sumpah atau janji. “Pada hari ini anggota DPRD Bondowoso masa jabatan tahun 2019-2024 telah mengucapkan sumpah atau janji secara otomatis anggota DPRD Bondowoso masa jabatan tahun 2014-2019 telah berakhir. Untuk itu saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas pengabdian dan jasa-jasanya selama menjadi anggota DPRD Bondowoso,” ujarnya.

Bupati mengharapkan kepada anggota DPRD Bondowoso yang terpilih kembali mempertahankan keberhasilannya. Tentu selama lima tahun menjabat sebagai anggota DPRD , tentu banyak pengalaman yang dimiliki. Baik dalam hal menampung aspirasi masyarakat, perumusan kebijakan dan peraturan daerah, strategi dan prioritas pembangunan di Bondowoso

Pantauan, Ketua Pengadilan negeri Bondowoso I Wayan Eka Mariarta SH .MH.
memimpin pengambilan sumpah sekaligus secara simbolis menyematkan lencana dan menyerahkan SK kepada dua anggota DPRD Bondowoso yaitu H. Ahmad Dhafir dan Muhammad Irsan Marwanda Bachtiar .

Adapun salah satu bunyi sumpah/janji anggota Dewan yaitu akan memperjuangkan aspirasi rakyat untuk mewujudkan kepentingan nasional demi kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

 

IklanPost

Related posts

Pasukan Hisbullah Cerita Dibalik Masjid Al Amin Sumberejo Wirowongso

Tapalkudapost

Wali Kota Pasuruan Segera Disidang Terkait Suap Proyek

Tapalkudapost

Ribuan APK tak Sesuai Aturan Ditertibkan Banwaslu Banyuwangi

Tapalkudapost