page contents
2 April 2020
tapalkudapost.com
Featured Politik & Pemerintahan

Buka Workshop Bupati Imgatkan Kades Gunakan DD Sesuai Aturan Untuk Kepentingan Masyarakat

 

Bondowoso,Bupati Bondowoso KH.Salwa Arifin mengingatkan Kepala Desa agar bisa mengunakan anggara Dana Desa (DD) sesuai aturan dan memgunakan sebesar-besarnya untuk kepentingan Masyarakat.Hal tersebut disampaikan Bupati saat membuka Workshop Evaluasi Implementasi Sistem Tatakelola Keuangan Desa dengan Aplikasi Siskeudes Versi 2.0 di Pendopo Bupati,Bondowoso,Jawa Timur ,Kamis 5/12/2019.

Workshop tersebut dimaksudkan agar Pengelolaan keuangan dan pembangunan desa lartisipatif,transparan dan akuntabel dengan mengunakan aplikasi siskeudes.

“Tak lupa saya ingatkan kepada kepala desa, untuk menggunakan dana desa yang di peroleh dengan sebaik-baiknya dan seharusnya, sesuai aturan dan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat desa,”harapnya.

Sebagai mana diketahui pengelolaan keuangan di 209 desa yang ada di Bondowoso telah menggunakan dan menerapkan aplikasi Siskudes secara online dengan baik.

Dikatakan bahwa dimulai dari penyusunan perencanaan anggaran sampai dengan penatausahaan dan pelaporannya.

“Tentu ini semua berkat dukungan segenap Aparatur Pemerintah Desa dengan Tim Pendamping Desa, yang telah berusaha semaksimal mungkin mengawal dan membina desa demi tertibnya pengelolaan keuangan desa serta peran pemerintah pusat yang sangat besar dalam memfasilitasi aplikasi Siskudes ini,”jelasnya.

Tidak kalah pentingnya, kata bupati peran dari BPKP yang telah menciptakan aplikasi Siskudes yang user friendly, sehingga mudah di operasikan oleh Aparatur Desa.

“Ke depan, saya berharap aplikasi Siskudes ini, fitur-fiturnya lebih di tingkatkan lagi, supaya dapat di integrasikan ke dalam sistem e-government agar terjalin sinergi antara desa dan pemerintah daerah, sehingga pembangunan di Kabupaten Bondowoso dapat berjalan se arah,”imbuhnya.

Dikatakan bahwa ,pemerintah Daerah menyambut baik kegiatan tersebut, dengan harapan kegiatan ini dapat lebih meningkatkan dan memantapkan pengetahuan para aparatur desa dalam menerapkan prinsip akuntabilitas pengelolaan keuangan desa, sehingga Good Village Governance dapat terwujud.

Selain itu, kata bupati,terus tingkatkan kualitas sumber daya dan pemenuhan sarana prasarana di bidang teknologi Informatika.

” Karena dengan SDM yang kompeten dan dengan dukungan sarana teknologi informasi yang memadai dan dapat di andalkan, maka prinsip akuntabilitas dapat terlaksana dengan baik,” pungkasnya.

Sementara itu dana desa tahap 3 untuk kabupaten Bondowoso hingga berita ini ditayangkan belum juga cair.

Kepala Insoektorat ,Wahyudi ketika dikonfirmasi menyampaikan bahwa DD tahap 3 akan segera cair .

“Sudah masuk di rekening Bank Jatim ,tinggal mentransefer ke rekening desa saja,”singkatnya.

Bertindak sebagai nara sumber dalam kegiatan tersebut Djoko Prihandono Direktur Pengawasan Akutabilitas Keuangan Tata Kelola dan Pembangunan Pemerintahan Desa.Sementara peserta adalah Kepala desa,dan Camat se Kabupaten Bondowoso.

IklanPost

Related posts

11 Anggota DPR “Keroyokan” Carikan Solusi Kelangkaan Gas Elpiji

Tapalkudapost

Nama Kecamatan Ijen Belum Disetujui Mendagri

Tapalkudapost

Sinergitas Tiga Pilar di Sukowono

Tapalkudapost