Featured Lensa Nusantara Pertanian

Singkirkan 50 Peseta dan Ribuan Menu,Darma Wanita Sat Pol PP Bondowoso Raih Juara Satu Lomba Cipta Menu Tahun 2022

images (8)

 

Bondowoso – Tim Dharma Wanita Satpol PP Bondowoso mampu menyingkirkan ribuan kudapan lezat, bergizi dan sehat dari 50 peserta Lomba Cipta Menu yang diselenggarakan Pemkab Bondowoso melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) di Gedung Pelita ,Senin ,5/12/2022

images (1)

“Semua menu yang diolah dan disajikan oleh para peseta dari 50 peserta sangat baik. Dewan juri sempat kesulitan memilih juaranya. Baik dari sisi penyajian, keseimbangan gizi, keragaman, maupun cita rasa semua luar biasa,” ujar tim juri dari Dinas SMKN 2 Bondowoso.

Beragam kudapan berbahan baku lokal yang diolah dan disajikan TP PKK dan Dharma Wanita sebagai “menu makan pagi,siang dan makan malam” tidak hanya sehat dan bergizi, namun juga gampang dipraktikan.

Bahan bakunya pun murah dan mudah didapat. Antara lain mengolah umbi sebagai sumber karbohidrat, ikan menjadi lauk yang lezat, serta es dawet daun kelor yang segar dan nikmat.

Selain menobatkan Dharma Wanita Satpol PP Bondowoso sebagai juara pertama, dewan juri juga mengumumkan lima TP PKK dan Dharma Wanita sebagai peraih juara.

Ny Selamet Yatmoko dalam menjelaskan, tingkat konsumsi masyarakat Bondowoso terutama konsumsi jenis sayuran masih kurang. Untuk karbohidrat, masih tergantung pada beras dan terigu. Apalagi hampir setiap hari berbagai olahan makanan berbahan baku terigu sangat mudah didapat.

Menurut dia, kondisi tersebut karena terigu mudah didapat, harganya murah, serta proses pengolahan cepat. Ketika bahan baku pangan susah didapat atau harganya lebih mahal dari terigu maka persediaan di pasar menjadi berkurang.

“Karenannya untuk memberikan pemahaman tentang makanan sehat berbahan baku lokal, soaialisasi terhadap masyarakat harus dilakukan secara masif dan rutin atau terus-menerus,”harapnya.

Kenapa pemerintah dan PKK juga Dharma Wanita menurutnya selalu menggembar-gemborkan menu makanan lokal. Sebab ada dua hal penting yang ingin dicapai. Pertama, kedaulatan pangan lokal.

Terkait kedaulatan pangan, lanjut dia, pasti menyangkut ketersediaan bahan pangan di Bondowoso atau tidak mengandalkan bahan dari luar daerah.

iklan dalam

Selain itu, juga mendorong dan meningkatkan kreativitas masyarakat, terutama ibu rumah tangga dalam memilih serta menciptakan menu makanan sehat dan bergizi dengan memanfaatkan berbagai sumber daya lokal selain beras dan terigu sebagai sumber karbohidrat.

Tidak kalah penting adalah membangun budaya keluarga dan masyarakat untuk memproduksi aneka makanan khas daerah, serta memanfaatkan pekarangan rumah dengan beragam tanaman sayur dan buah. Potensi ini sekaligus dalam rangka mendukung ketahanan pangan lokal,” katanya.

Oleh karena itu Ia menyajikan makanan dalam Lomba Cipta Menu ini 100 persen bahan lokal yang mudah didapatkan dan harganyapun terjangkau.

“Alhamdulillah kami mendapatkan juara satu dan uang pembinaan,insyaallah benar-benar kita gunakan untuk memberikan edukasi di Dharma Wanita Sat Pol PP agar nantinya dapat ditularkan pada masyarakat.

Baca Juga : Angkat Penggunaan Bahan Pangan Lokal,DPKP Bondowoso Inisiasi LCM B2SA

 

Ini Pemenang Lomba Cipta Menu DPKP Bondowoso

Tidak Hanya Tawarkan Ribuan Menu, DPKP Bondowoso Sulap Gedung Pelita Jadi Suasana Desa Makmur dengan Spot Foto yang Instagramable

Senada disampaikan Kusmiyati salah satu peserta dari Cindogo bahwa pihanya juga mengunakan bahan lokal dengan sukun sebagai pengganti nasi dan pecel.

“Kebiasaan dirumah ,anak-anak suka pecel kalau mau berangkat sekolah sarapan dulu,jadi sering juga menyajikan sukun dengan pecel,”ungkapnya.

Dia berharap semua pihak terlibat dalam mewujudkan ketahanan pangan. Sehingga jangan sampai pemenuhan kebutuhan pangan rakyat bergantung pada bahan dari luar daerah.

“Bomdowoso,sebenarnya layak menjadi kabupaten yang berdaulat pangan. Kita seharusnya menjadi produsen utama bermacam kebutuhan pangan karena tanah kita yang subur,”katanya yang keseharianya menjadi pemyuluh pertanian ini.

 

png_20220511_224315_0000
png_20220511_223354_0000
png_20220511_221558_0000
png_20220511_222752_0000

Related posts

2.500 Warga Pemkot Mojokerto Terima BPNT APBD,Ning Ita Tinjau Langsung ke Lokasi

Genangan Air Diwisata Plasa Rengganis Dikeluhkan Pengunjung

Wali Kota Mojokerto Ajak Dharma Wanita dan Tm Penggerak PKK Sinergi Cegah Kekerasan Perembuan dan Anak

error: Content is protected !! silahkan di menghubungi admin jika ingin copy conten ini ... terima kasih