Featured Lensa Nusantara Life Style Pertanian

10 Jenis Tanaman Hidroponik yang Mudah Ditanam di Rumah

iklan kopi

 

Jika Anda bertanya buah apa yang bisa ditanam secara hidroponik, ada beberapa yang perlu diperhatikan. Ketahui bahwa hidroponik adalah salah satu cara terbaik untuk menanam buah dan sayuran karena ramah lingkungan.

Anda juga akan menghasilkan tanaman yang cukup banyak dalam waktu yang lebih singkat dibandingkan dengan tanah. Dikutip dari berbagai sumber, berikut rekomendasi tanaman buah hidroponik yang bisa Bunda tanam di rumah.

Buah Hidroponik yang mudah ditanam di rumah:

1. Cranberry

Cranberry secara alami adalah tanaman rawa dengan batang yang panjang dan berbuah. Untuk alasan ini, Cranberry idealnya ditanam dalam sistem yang tinggi, tiga hingga empat kaki di atas lantai, di mana batangnya dapat langsung mengarah ke bawah.

Cara termudah untuk membudidayakan cranberry adalah dengan cara melapisi. Cukup dorong sebagian cabang yang tertinggal sebagian di bawah tanah, dan mereka akan berakar, kemudian dapat dipotong dari tanaman induk dan dicangkokkan.

Karena cranberry adalah anggota keluarga Ericaceae seperti halnya blueberry, mereka menyukai tanah yang asam. Di lingkungan alaminya, cranberry tumbuh di pasir yang lembab dengan bahan organik, tetapi tidak tergenang air. Mereka tumbuh paling baik di tanah asam dengan pH sekitar 4,5 dan lebih menyukai sinar matahari penuh daripada tidak.

2. Raspberries

Batang raspberry tumbuh tegak. Mereka diikat pada tempatnya dengan batang penghasil buah yang dilatih pada posisinya dan dipangkas agar kanopi tetap terbuka untuk pergerakan udara dan pencegahan penyakit.

Raspberry dikategorikan menjadi dua jenis utama, yaitu Primocane yang merupakan tipe bantalan jatuh dan Floricane bantalan musim panas. Untuk hidroponik, jenis primocane lebih  direkomendasikan karena menghasilkan buah pada tahun pertama selama musim panen yang panjang. Mereka juga membutuhkan lebih sedikit ruang dan dukungan untuk tumbuh dibandingkan jenis floricane.

3. Anggur

Produksi anggur hidroponik bukanlah konsep baru. Anggur telah lama ditanam di rumah kaca serta menghasilkan buah berkualitas tinggi dengan rasa dan aroma yang kuat serta manis.

Anggur adalah tanaman buah yang merambat dan membutuhkan tali atau teralis untuk dapat menopang bobot buah yang sedang tumbuh. Di taman dalam ruangan, wadah anggur dapat ditempatkan di sudut. Sementara tanaman merambat itu sendiri dilatih dan diletakkan di dinding atau di atas penyangga untuk memaksimalkan penggunaan ruang tanam.

4. Stroberi

Stroberi adalah spesies hibrida dari genus Fragaria yang tumbuh secara luas yang dibudidayakan untuk buahnya. Stroberi sangat cocok untuk pertumbuhan hidroponik. Faktanya, stroberi ini adalah salah satu tanaman paling populer yang ditanam dalam produksi hidroponik.

Anda tetap bisa menikmati stroberi segar yang lezat untuk memberi makan seluruh keluarga dengan menanamnya di rumah dan memanen buahnya sepanjang tahun. Cuaca sebenarnya bukan faktor untuk stroberi hidroponik karena bisa dipanen sepanjang tahun. Tapi stroberi memang membutuhkan banyak cahaya alami maka sinar matahari sangat penting. Suhu yang disukai untuk stroberi adalah hangat.

Litecoin Miner - Mine and Earn free Litecoin

5. Tomat

Tomat adalah tanaman dari keluarga Solanaceae. Secara botani, tomat adalah buah, tetapi kebanyakan orang baik penjual atau konsumen menganggapnya sebagai sayuran. Satu hal yang perlu diingat adalah tomat membutuhkan banyak cahaya. Jadi bersiaplah untuk membeli tambahan lampu jika Bunda ingin menanam di dalam ruangan.

6. Paprika

Biasanya paprika digunakan sebagai campuran masakan asing, sehingga tidak banyak orang Indonesia yang rutin memasak menggunakan paprika. Namun ternyata paprika lebih baik dibudidayakan dengan cara hidroponik dibandingkan dengan tanah.

Paprika membutuhkan kondisi pertumbuhan hidroponik yang sama seperti tomat, yaitu dengan suhu hangat dan pencahayaan yang banyak. Paprika biasanya membutuhkan waktu dua hingga tiga bulan untuk matang.

7. Bluberi

Bluberi adalah tanaman berbunga abadi yang dibudidayakan untuk buah-buahan dan menumbuhkan buah beri berwarna biru atau ungu. Bluberi diklasifikasikan di bagian Cyanococcus yang tinggi vitamin.

Bluberi bisa tumbuh dengan baik dengan sistem hidroponik. Tanaman ini membutuhkan waktu lebih lama untuk berbuah daripada stroberi.

8. Semangka

Kebanyakan sistem hidroponik cocok untuk menanam semangka. Semangka harus dimulai dari bijinya hingga tumbuh dalam sistem hidroponik. Mulai dari benih, sirami seperlunya untuk menjaga agar tetap lembab sampai tanaman semangka mulai tumbuh. Setelah tanaman mulai membentuk akar yang terlihat, pindahkan ke media pertumbuhan dan berikan larutan nutrisi.

9. Melon

Daripada membeli melon dengan harga yang mahal, lebih baik Bunda menanam melon di rumah agar lebih puas untuk memakannya. Cobalah untuk untuk menanam melon dengan cara hidroponik. Agar akarnya kuat, melon memerlukan oksigen serta melon hanya butuh suhu yang tepat dan kelembapan agar buahnya bisa tumbuh dengan besar dan segar.

10. Blewah

Nah kerap kali buah ini disamakan dengan melon karena bentuknya yang mirip. Namun, blewah dan melon adalah buah yang berbeda ya, Bunda. Blewah sangat mudah ditanam di rumah.

Cara merawatnya hanya perlu dengan mengganti air sebanyak dua hari agar akarnya tidak membusuk. Namun, ketika Anda memutuskan ingin menanam blewah, yang harus diperhatikan adalah suhunya antara 21 derajat Celcius hingga 32 derajat Clelcius.

 

Litecoin Miner - Mine and Earn free Litecoin
0001-4353364788_20210715_185231_0000
0001-4354478900_20210715_192217_0000
0001-4361946424_20210715_215712_0000
0001-4353364788_20210715_185231_0000 0001-4354478900_20210715_192217_0000 0001-4361946424_20210715_215712_0000

Related posts

ATAP BARU BAPAK ISMANTO YANG MENDAPAT BANTUAN RTLH

admintapal

Bupati Ajak Masyarakat Tunggu Sidang Isbat untuk Penentuan Awal Ramadhan

admintapal

Hadiri Istigasah Kubra KH Ma'ruf Amin Berikan Tauksyiah Tentang Perjuangan Santri Menjaga NKRI

admintapal