Featured Lensa Nusantara

Hari Lingkungan Bupati Lumajang Himbau 'Kendalikan Sampah Plastik'. 

iklan kopi

LUMAJANG – Bupati Lumajang, Drs. As’at, mengingatkan dampak buruk penggunaan kemasan plastik. Hal itu, disampaikannya pads Peringatan Hari Lingkungan Hidup se dunia tahun 2018, di Pemandian Alam Tirtosari, Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, Selasa (31/7/2018).
Tema Hari Lingkungan hidup tahun ini adalah ‘Kendalikan Sampah Plastik’.
Bupati menyampaikan meskipun Peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia dilaksanakan di Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, namun implementasinya justru lebih banyak dilaksanakan di kota, karena wilayah kota memberikan pengaruh yang cukup besar penggunaan kemasan plastik.
“Semangatnya dip Penanggal, tapi pelaksanaanya juga di kota, karena penggunaan plastik lebih banyak di perkotaan,” ujarnya.
Bupati meminta agar Dinas Lingkungan Hidup lebih memperhatikan bank-bank sampah yang ada di Kabupaten Lumajang.
“Ini harus menjadi penyemangat, mari kita tularkan kepada masyarakat.  Kedepan Dinas Lingkungan Hidup harus lebih memperhatikan bank-bank sampah,” Imbuhnya.
Bupati  menghimbau agar penggunaan plastik diganti dengan kertas yang mudah didaur ulang.
“Kalau bisa tas kresek itu diganti dengan tas yang bisa dipakai terus. Kita harus mulai berpikir kemasan makanan tidak lagi menggunakan plastik, namun menggunakan kertas yang mudah diolah kembali,” pungkasnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. Lumajang, Drs. Yos Sudarso, melaporkan bahwa Peringatan Hari Lingkungan Hidup merupakan sebuah kampanye pelestarian lingkungan hidup yang diperingati setiap tanggal 5 juni.
Ditetapkannya hari lingkungan hidup se dunia bertujuan untuk mengajak masyarakat dunia melakukan aksi meningkatkan kesadarannya mendorong dan mendukung pelestarian lingkungan hidup.
Oleh karena itu, dalam peringatan hari lingkungan hidup se dunia tahun 2018, Pemkab. Lumajang melalui Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang memberikan kesempatan kepada seluruh pihak untuk terlibat dalam aksi pelestarian lingkungan hidup. Ini juga untuk menggugah kembali kesadaran semua pihak.
Ditegaskan, bahwa pengelolaan lingkungan hidup merupakan tanggung jawab bersama guna menjalin kemitraan dengan berbagai pihak, untuk meningkatkan kesadaran mengurangi dan mengendalikan penggunaan sampah plastik.
Dalam kegiatan itu, juga dilakukan
tebar benih ikan nila dan tanam ratusan pohon. Adapun jenis yang ditanam meliputi manggis, sakura jawa, sirsat, mahoni oleh Forkopimda, Saka Kalpataru Lumajang, serta masyarakat umum.

iklan dalam
Litecoin Miner - Mine and Earn free Litecoin
images - 2021-01-04T160645.2261
FB_IMG_15982400337341
images - 2021-01-04T160645.2261 FB_IMG_15982400337341

Related posts

Dua Rumah Milik Ibu dan Anak di Panarukan Hangus Dilalap si Jago Merah

admintapal

Kepergok Mencuri, Nelayan Bertato Bonyok Dihakimi Warga

admintapal

Sosialisasi DTD – AKP 2019 Desa Trebungan Mlandingan

admintapal

Leave a Comment