Featured Life Style

Seru Menikmati Libur Lebaran 2018 bersama Keluarga

iklan kopi
Durasi libur lebaran 2018 cukup panjang. Ditambah cuti bersama, jumlah hari libur mencapai 12 hari. Sudah ada rencana ingin menikmati liburan dengan cara apa? Berikut ini ide seru untuk liburan yang bisa kamu coba nanti. Langsung lihat aja yuk!

Lebaran menjadi momen yang sangat dinanti-nantikan setiap tahunnya bagi para umat muslim karena pada saat lebaran, akan ada cuti bersama yang diberikan oleh pemerintah sehingga kita bisa menghabiskan lebih banyak waktu bersama dengan keluarga.

Libur lebaran 2018 ini tampak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena pemerintah memutuskan untuk memberikan jatah cuti bersama sebanyak 10 hari yang sudah termasuk tanggal merah, yaitu mulai dari tanggal 11-20 Juni 2018. Ditambah sabtu dan minggu, totalnya mencapai 12 hari.

Lamanya jatah cuti bersama selama 12 hari ini tentu saja membuat libur lebaran 2018 menjadi cukup panjang. Jika biasanya kamu tidak sempat menghabiskan waktu lebih lama bersama keluarga karena hanya mendapatkan jatah cuti 3-4 hari saja, kini kamu bisa menikmati libur lebaran 2018 dengan lebih leluasa bersama keluarga.

Pilihan ide seru untuk nikmati libur lebaran 2018 bersama keluarga

Jika kamu masih bingung dan belum punya ingin menghabiskan libur lebaran 2018, bagaimana kalau kamu memilih salah satu rekomendasi ide jalan-jalan yang diberikan HaloMoney.co.id ini:

 1. Mengunjungi tempat bersejarah

Masjid di Aceh yang Terkena Tsunami

Indonesia memiliki banyak sekali tempat bersejarah yang tak akan ada habisnya kamu kunjungi. Tempat-tempat bersejarah ini bisa berupa museum, benteng peninggalan masa penjajahan, masjid kuno yang arsitekturnya menarik, candi, hingga bangunan-bangunan tua yang usianya sudah berpuluh-puluh tahun. Jika tidak menggunakan tour guide, sebelum mendatangi tempat bersejarah, lebih baik kamu mencari informasi terlebih dahulu mengenai sejarah dari tempat tersebut agar nantinya kamu sendiri yang akan menjadi tour guide bagi keluargamu.

 2. Akrabkan keluarga dengan berkemah

Berkemah dengan Keluarga

Buat kamu yang tinggal di perkotaan, berkemah menjadi cara seru untuk menikmati libur lebaran 2018. Jika biasanya kamu berhadapan dengan gedung-gedung pencakar langit dan deretan kendaraan bermotor yang terjebak macet, dengan mengadakan acara berkemah di alam terbuka, pikiranmu akan menjadi lebih cerah. Berkemah juga sangat bagus untuk anak-anak dan orang tua karena udara di sekitar perkemahan sudah pasti asri dan sejuk.

Tak mau repot membawa perlatan kemah seperti tenda dan lain sebagainya? kamu bisa menyewanya langsung di tempat perkemahan. Kalau ingin berkemah dengan lebih nyaman, kamu bisa memilih glamping (glamorous camping) yang sedang menjadi tren. Glamping merupakan kegiatan berkemah yang menyediakan beragam fasilitas lengkap, mulai dari colokan listrik, kipas angin, tempat tidur, kamar mandi, dan lain sebagainya.

Salah satu tempat glamping yang paling terkenal di Indonesia adalah Highland Park Resort di Bogor yang memiliki tarif mulai dari Rp 1 jutaan per malam untuk satu tenda yang bisa memuat 4-6 orang di dalamnya.

3. Piknik di taman terbuka

Piknik Bersama Keluarga

Selain berkemah, kamu juga bisa berpiknik di taman terbuka jika ingin merasakan suasana yang asri dan sejuk. Bawalah perlengkapan piknik, mulai dari alas tempat duduk, bekal yang sudah disiapkan dari rumah, dan peralatan makan. Lebih bagus lagi jika kamu membawa permainan yang bisa dimainkan di outdoor seperti bola sepak. Sebelum melakukan piknik, cek terlebih dahulu prakiraan cuaca pada hari tersebut! Jangan sampai saat kamu sedang piknik tiba-tiba hujan.

4. Bermain di taman rekreasi

Bermain di taman rekreasi atau taman hiburan memang terdengar klasik, tapi jika anggota keluargamu lebih banyak anak-anak, pastinya mereka akan menyambut dengan antusias ajakanmu. Ada banyak taman hiburan di Indonesia, mulai dari yang memiliki konsep indoor hingga outdoor. Kekurangan dari taman hiburan ini adalah harga tiketnya yang terbilang cukup mahal dibanding tempat rekreasi lainnya.

Litecoin Miner - Mine and Earn free Litecoin
iklan dalam

Untuk menyiasatinya, kamu bisa membeli tiket masuknya secara online dengan kartu kredit karena sekarang sudah banyak taman hiburan yang memberikan diskon jika melakukan pembelian online dengan kartu kredit. Selain mendapat diskon, kamu juga tak perlu repot mengantri di depan loket.

5. Movie maraton di rumah

Nonton film maraton

Tak ingin keluar rumah karena masih capek setelah perayaan Hari Raya Idul Fitri? Kamu bisa mengajak keluarga untuk movie maraton di rumah. Kumpulkan film-film bertema keluarga atau film kartun yang bisa ditonton oleh semua kalangan usia. Agar suasana nontonnya lebih terasa, siapkan juga aneka camilan seperti popcorn atau keripik dan minuman yang bisa disantap sebagai teman nonton.

 6. Wisata kuliner malam

Siapa bilang kulineran tidak bisa dijadikan sebagai ide libur lebaran 2018 yang seru. Cobalah untuk melakukan wisata kuliner malam bersama dengan keluarga. Ada banyak sekali tempat-tempat wisata kuliner malam di Indonesia yang memiliki makanan dan minuman lezat yang harus kamu coba. Tak perlu keluar budget banyak karena kamu bisa memilih tempat kuliner kaki lima yang menyajikan menu tradisional khas dari daerah tersebut.

 7. City tour di kota sendiri

Lebaran kali ini kamu tak mudik ke kampung halaman? Tak perlu cemas kehabisan ide liburan karena kamu bisa melakukan city tour di kota sendiri. Melakukan city tour bisa menjadi solusi liburan hemat karena kamu bisa membuat kegiatan liburan dengan mendatangi tempat-tempat kekinian yang ada di kotamu, mulai dari taman tematik, monumen bersejarah, dan mencicip kuliner khas kaki lima.

Tips libur lebaran 2018 bersama keluarga

Ke manapun tujuan libur lebaran 2018 kamu dan keluarga, alangkah baiknya jika sebelum melakukan perjalanan, kamu melakukan hal ini terlebih dahulu:

  • Atur jadwal kegiatan selama liburan

Menulis Jadwal

Sebelum mengadakan libur lebaran 2018, kamu harus mengatur dan merencanakan jadwal kegiatan selama liburan berlangsung agar tidak ada waktu yang terbuang dan berlalu begitu saja tanpa adanya momen berharga yang kamu rasakan dengan keluarga. Rencanakan kegiatan apa saja yang ingin kamu lakukan dengan keluarga dan pada hari apa kamu akan pergi.

  • Siapkan budget yang cukup

Kalau sudah mengatur jadwal kegiatan selama libur lebaran 2018, kamu pastinya sudah ada bayangan berapa budget yang harus dipersiapkan, mulai dari uang bensin, tiket masuk tempat wisata, uang makan, dan lain sebagainya. Hitung budget pengeluaran yang sesuai dengan kemampuan finansial. Menyiapkan budget terlebih dahulu sangatlah penting untuk menghindari besar pasak daripada tiang. Jika budget tidak mencukupi, kamu bisa mencari alternatif ide liburan lain yang lebih murah.

  •  Bawa perlengkapan shalat

Jangan karena Ramadhan sudah lewat, lantas kamu meninggalkan shalat lima waktu. Di musim libur lebaran 2018 pastinya akan ada banyak orang yang pergi berwisata sehingga musholla atau masjid yang ada di dekat tempat wisata pasti akan dipenuhi orang. Agar tak perlu mengantri, bawalah peralatan shalat sendiri.

  • Obat-obatan wajib disediakan

Namanya juga bepergian bersama dengan keluarga, sudah pasti ada orang tua dan anak-anak yang akan ikut bersama denganmu. Untuk berjaga-jaga jika terjadi sesuatu, bawalah obat-obatan seperti obat pusing, obat mabuk kendaraan, obat magh, minyak angin, obat merah, serta plester.

  • Melakukan pembayaran dengan kartu kredit

Setelah melakukan hal-hal di atas, jangan lupa kembali untuk mengecek semua persiapan sebelum berangkat liburan, mulai dari cek kondisi kendaraan jika menggunakan kendaraan pribadi, cek limit kartu kredit yang akan digunakan untuk pembayaran, hingga mengecek perlengkapan yang dibawa.

Litecoin Miner - Mine and Earn free Litecoin
images - 2021-01-04T160645.2261
IMG_20210101_134800
FB_IMG_15982400337341
images - 2021-01-04T161243.5111
images - 2021-01-04T160645.2261 IMG_20210101_134800 FB_IMG_15982400337341 images - 2021-01-04T161243.5111

Related posts

Dewan Pers Akan Segera Terjubkan Tim ke Daerah-daerah untuk Memverifikasi Keanggotaan dan Kepengurusan AMSI

admintapal

PERAN BABINSA KORAMIL 0822/08 GRUJUGAN DESA TEGAL MIJIN PADA MUSDES

admintapal

Atasi Kekeringan di Bondowoso, BPBD Terus Dropping Air Bersih

admintapal

Leave a Comment