Pendidikan

Peran Orang Tua dalam Pendidikan

images (8)

Opini – tapalkudamedia.com

Pentingnya layanan pendidikan berkualitas bagi seluruh lapisan masyarakat. Namun, sebagai penyuplai pendidikan berkualitas tidak hanya di sekolah. Rumah menjadi perangkat pendidikan pertama yang paling penting sebelum anak-anak bersentuhan dengan sekolah.

Black Modern Music News Headline Instagram Post_20231007_160840_0000
Black Modern Music News Headline Instagram Post_20231011_230542_0000
Black Modern Music News Headline Instagram Post_20231011_220305_0000
Black Modern Music News Headline Instagram Post_20231012_011801_0000
Black Modern Music News Headline Instagram Post_20231014_135422_0000
Black Modern Music News Headline Instagram Post_20231021_165812_0000
Salinan dari Black Modern Music News Headline Instagram Post_20231022_164616_0000
Salinan dari Salinan dari Salinan dari Salinan dari Salinan dari Black Modern Music News Headline Instagram Post_20231031_205414_0000
Salinan dari Salinan dari Salinan dari Salinan dari Salinan dari Black Modern Music News Headline Instagram Post_20231105_173709_0000

Peran keluarga memang sangat penting dalam perkembangan dan pendidikan anak. Bicara tentang pendidikan anak, tentu ini tidak hanya tentang mengajari anak untuk bisa melakukan sesuatu atau memikirkan sesuatu.

Lalu, apa lagi yang harus kita perhatikan dan terapkan sehari-hari untuk mendukung pendidikan anak?

Pendidikan itu juga termasuk membuat anak menjadi individu yang lebih dewasa dan matang, untuk kehidupannya dalam jangka panjang, seumur hidupnya, bukan hanya ketika di usia sekolah. Artinya, peran keluarga menjadi sangat besar, karena terkait dengan semua aspek perkembangan dan pendidikan anak.

Dorongan agar orang tua lebih terlibat dalam pendidikan anak-anak mereka bagaimana kita mewujudkan bahwa dalam mendidik anak bisa lebih menarik, informatif, dan bersahabat.

Pentingnya peran keluarga sebagai penyokong pendidikan anak-anak. Orang tua tidak sekadar diajak untuk lebih terlibat, tidak boleh lagicuek dan menyerahkan urusan pendidikan kepada guru di sekolah saja, tetapi juga menerapkan konsep pendidikan berbasis keluarga.

Anak Bukan Kertas Kosong, menuliskan 3 pemikiran Ki Hadjar Dewantara, yang salah satunya adalah pentingnya peran keluarga dalam pendidikan anak. Keluarga adalah pusat pendidikan.

iklan dalam

Orang tua mungkin bisa mendelegasikan pengajaran kepada kaum ahli, tetapi pendidikan anak tetaplah menjadi tanggung jawab orang tua.

Peran orang tua tidak tergantikan oleh sekolah, lembaga pendidikan, ataupun lembaga bakat. “Pokoknya pendidikan harus terletak di dalam pangkuan ibu bapak, karena hanya dua orang inilah yang dapat berhamba pada sang anak dengan semurni-murninya dan se-ikhlas-ikhlasnya, sebab cinta kasihnya kepada anak-anaknya boleh dibilang cinta kasih tak terbatas.” itu sekedar cuplikan kalimat tokoh pahlawan pendidikan kita.

Orang tua harus mengambil peran terbesar dalam menerapkan pendidikan bagi anak-anak mereka, tak peduli seberapa sibuk mereka dengan urusan pekerjaan.

Secara luwes, mereka berbagi porsi atau peran dan saling melengkapi. Suami lebih banyak mengasah motorik kasar anak dengan mengajak anak berolahraga, sementara istri lebih ke motorik halusnya, misalnya.

Tetapi, anak bisa belajar dengan siapa yang dia suka. menekankan pembagian porsi pada urusan ‘software’ anak.Sebagai ibu, porsi terbesar sebagai motivator pembentuk akhlak anak, kasih sayang, serta empati.

Sementara, sebagai Ayah, mempunyai peran membentuk jiwa tanggung jawab, disiplin, role model dalam sikap dan pembentukan karakter kuat dan pemberani, terutama kapada anak laki-laki.

Tugas itu adalah memahami apa yang saat ini berkembang di dunia anak-anak se-usianya. Orang tua harus belajar apa yang diinginkan anak dalam belajar saat ini.

Orang tua tidak harus meninggalkan gaya pendidikan lama yang terjadi di era mereka. Tetapi, penting juga memperhatikan perkembangan zaman dan ketertarikan anak pada kecanggihan sistem saat ini.

Penggunaan alat elektronik, cara berkomunikasi dan keterampilan anak menjadi hal yang harus diperhatikan orang tua. Pendidikan moral juga penting untuk diajarkan orang tua. Pelajaran tersebut, tidak dapat dilakukan hanya setengah jalan jika ingin mendapat hasil yang maksimal. Anak adalah harapan kita, masa depan banga yang kelak akan menjadi pemimpin dk masa yang akan datang, sudahkan sebagai orang tua, kita meletakkan konsep dasar pendkdikan anak kita dengan benar?hanya hati kita yang bisa menjawabnya.(atien a mochtar)

*)direktur tapalkudamedia.com
Salinan dari Salinan dari Salinan dari Black Modern Music News Headline Instagram Post_20231029_071344_0000
Salinan dari Salinan dari Salinan dari Salinan dari Black Modern Music News Headline Instagram Post_20231029_082045_0000

Related posts

Keutamaan Sepuluh Hari kedua Ramadhan

Harimas : Administrasi Lengkap Insentif Guru Ngaji Bisa Segera Dicairkan

Upaya Penerapan Tematik Desa Wisata dan Wirausaha KKN Unej

Leave a Comment

error: Content is protected !! silahkan di menghubungi admin jika ingin copy conten ini ... terima kasih